Pelindo III Modernisasi Alat Bongkar Muat Pelabuhan Senilai US$88.100

0
590

(maritimedia.com) – SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia III memodernisasikan sejumlah pelabuhan di wilayah kerjanya dengan membeli alat bongkar muat senilai US$88.100.

Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto mengatakan dana sebesar US$88,100 tersebut digunakan untuk membeli di antaranya delapan unit container crane baru, yang rencananya akan dioperasikan di Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Terminal Petikemas Semarang (TPKS).
Delapan unit container crane tersebut senilai $68.200, perseroan juga membeli dua unit grab ship unloader baru yang akan dioperasikan di Terminal Teluk Lamong senilai US$19.900.

Penandatanganan kontrak antara PT Pelindo III dengan Dalian Huarui Heavy International Co, Ltd dilakukan di Surabaya, senin (25/11). Dalian Huarui Heavy International Co, Ltd merupakan badan usaha milik China selaku pemasok delapan unit container crane dan dua unit grab ship unloader.  

4 unit dari total 8 unit container crane akan dioperasikan di Pelabuhan Banjarmasin. Untuk saat ini Pelabuhan Banjarmasin telah tersedia 4 unit sehingga total nantinya tersedia 8 unit CC di Pelabuhan Banjarmasin, direncanakan nantinya 2 unit CC eks Pelabuhan Banjarmasin akan direlokasi di Pelabuhan lainnya di pulau Kalimantan.

Adapun Terminal Petikemas Semarang (TPKS) mendapat 2 unit container crane sehingga jumlah CC yang dioperasikan di TPKS menjadi 7 unit CC.

Selanjutnya 2 unit container crane akan ditempatkan di Terminal Multipurpose Nilam Timur (TMTL) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dengan penambahan 2 unit CC maka totalnya di Nilam 5 unit. Sedangkan total keseluruhan CC di Pelabuhan Tanjung Perak menjadi 16 unit.

Sementara untuk 2 unit Grab Ship Unloader akan dioperasikan di Terminal Teluk Lamong Pelabuhan Tanjung Perak guna mempercepat layanan.

Comments are closed.