Proyek MP3EI Yang Diresmikan Pemerintah salah satunya Pelabuhan Indonesia

0
477

(maritimedia.com) – SURABAYA – PT Pelindo III menginvestasikan Rp 375 milliar untuk pembangunan Terminal Peti Kemas dan Dermaga Pelabuhan Trisaksi, Banjarmasin. Proyek infrastruktur pelabuhan tersebut merupakan satu dari sembilan proyek MP3EI yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu.

Dalam proyek MP3EI ini pelabuhan memegang peranan penting, khususnya aspek konektivitas dengan menekankan pembangunan yang terintegrasi  antara system transportasi, logistik, serta komunikasi dan informasi untuk membuka akses daerah.

General Manager PT Pelindo III Banjarmasin, Toto Heli Yanto menjelaskan keseluruhan proyek yang diresmikan ini merupakan proyek vital dari perusahaan dalam mendukung misi terciptanya integrasi system logistik nasional.

Selain itu dijelaskan juga progress dari perkembangan pelayanan pelabuhan Trisaksi dari semula hanya dapat beroperasi selama 8 jam karena faktor kedalaman, kini dapat beroperasi 24 jam nonstop berkat adanya sinergi dengan pemerintah daerah melalui anak perusahaan pengelola alur.

Proyek infrastruktur yang diresmikan diantaranya, perpanjangan dermaga petikemas sepanjang 265M x 36,5 M dengan struktur beton dan dikerjakan oleh Wijaya Karya dengan nilai kontrak Rp. 78,89 milyar. Pembangunan CY Stockpile Batubara seluas 1,9 Ha dengan struktur fullplate concrete dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan dengan nilai kontrak Rp. 43,15 milyar.

Perpanjangan dermaga sepanjang 96 M dan peningkatan CY Muat seluas 2 Ha, dikerjakan PT Nindya Karya dengan nilai kontrak Rp. 54 milyar. Serta berbagai proyek investasi lainnya yaitu pengadaan alat angkat dan angkut container seperti CC dan RTG, sehingga nilai total investasi infrastruktur dan fasilitas pendukungnya mencapai 375 milyar.

Keseluruhan proyek tersebut merupakan kebutuhan yang mendesak bagi operasional pelabuhan guna menunjang pelayanan dalam melayani arus barang yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Comments are closed.