Disnav Belawan Pastikan SBNP Laik Operasi di Angleb 2023

0
420

BELAWAN – Tim unit reaksi cepat Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Belawan bersama Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan lakukan rampchek pada alur layar dan perangkat lunak untuk monitoring kapal serta sistem kenavigasian di seluruh  kawasan pelabuhan Belawan Medan Sumatera Utara guna memastikan dalam kondisi normal laik operasi demi keselamatan pelayaran pada angkutan Lebaran tahun 2023 ini.

Plt Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Belawan Capt. Renaldo Sjukri  mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk dukungan mewujudkan Mudik Aman Berkesan pada Lebaran tahun 2023 ini, khususnya pada angkutan laut yaitu dengan memastikan SBNP terawat dan berfungsi dengan baik sehingga alur pelayaran aman dilalui oleh kapal-kapal yang masuk dan keluar dari Pelabuhan Belawan.

“Hasil pemeriksaan, alur layar dan perangkat lunak untuk monitoring kapal serta sistem kenavigasian pada seluruh  kawasan pelabuhan Belawan Medan Sumatera Utara yang telah kita lakukan sebelumnya dalam kondisi laik operasi,” katanya saat ditemui di ruangan dinasnya, Kamis (6/4/2023).

Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP)  dan alur pelayaran, lanjut Renaldo, adalah menjadi  salah satu faktor penting  untuk menunjang keselamatan pelayaran. Pengawasan untuk kepentingan keselamatan pelayaran terhadap seluruh perangkat lunak di SBNP menjadi tanggungjawab bersama.

” Wajib dilaksanakan dan wajib juga laik operasi, kami tidak akan main-main karena keselamatan prioritas utama kami yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tegasnya.

Terkait dengan rampchek terhadap sarana bantu navigasi telah dilakukan secara bersama-sama dengan tim reaksi cepat Kantor Kesyahbandaran Utama dan Otoritas Pelabuhan , Pelabuhan Belawan.

“Kalau rampchek ini kami lakukan rutin, meskipun di luar kegiatan mudik lebaran.Terlebih  pada musim padat penumpang  seperti momen lebaran, tentu pengawasan akan kami lakukan lebih ketat,” tandasnya.

Pada prinsipnya, Renaldo meyakini, seluruh petugas yang berjaga dan bertanggungjawab di kawasan perairan Belawan akan mengamankan kegiatan lalu lintas kapal-kapal penumpang yang akan membawa para  pemudik Lebaran 1444 H/2023 dengan aman dan lancar. (omis/red)

Comments are closed.