Dapat Pengakuan Kepatuhan Luar Negeri BKI Sejajar Klas Dunia

0
321

JAKARTA – PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI berhasil mendapatkan Statemen of Compliance (SOC) terhadap pemenuhan IACS Quality System Certification Scheme (QSCS) atas audit yang dilakukan oleh The British Standards Institution (BSI) selama 2022.

Pencapaian ini penting bagi BKI sebagai langkah awal terhadap pemenuhan kriteria untuk dapat diterima sebagai anggota International Association of Classification Societies (IACS) atau perhimpunan Badan Klasifikasi kelas dunia.

“SOC QSCS yang didapatkan oleh BKI pada 31 Januari 2023 ini menjadi pengawal tahun yang baik bagi BKI karena klasifikasi sebagai core business perusahaan semakin diperkuat dengan capaian SOC QSCS. Pencapaian ini membuktikan bahwa BKI mampu bersaing di kancah global,” ungkap Direktur Utama IDSurvey Arisudono Soerono dalam keterangan resminya, Jumat (03/02/2023).

Saat ini BKI juga menjadi lead dari holding BUMN Jasa Survei atau yang dikenal dengan IDSurvey bersama kedua anak perusahaan yaitu PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia.

Selama 2022, BKI terus mengupayakan pemenuhan terhadap QSCS dengan melaksanakan sejumlah kegiatan Office Audit serta Vertical Contract Audit (VCA) di beberapa kantor cabang BKI di antaranya Batam, Surabaya, Banten, Belawan, Jakarta, Semarang, dan Samarinda.

Direktur Operasi IDSurvey R. Benny Susanto, mengungkapkan apresiasi terhadap seluruh insan BKI baik itu Kepala Unit, Surveyor, Engineer serta staff support baik di kantor pusat maupun di Unit Produksi yang turut serta menyukseskan capaian besar ini.

“Capaian ini tidak dapat dicapai tanpa adanya kinerja yang apik dari rekan-rekan Surveyor yang berkompeten serta seluruh elemen yang terjun langsung dalam proses ini. SOC QSCS ini menjadi gerbang untuk pemenuhan persyaratan IACS lainnya yang akan dilalui oleh BKI. Kami optimis BKI dapat mencapai capaian tertinggi dan mampu bersaing di kancah global. Ini semua juga tercapai karena BKI memegang teguh budaya AKHLAK dalam bekerja, sebagaimana yang selalu ditekankan oleh Pak Menteri Erick Thohir” ujar Benny.

Sebagai Badan Klasifikasi satu-satunya milik Indonesia sekaligus induk holding IDSurvey, BKI memiliki ambisi untuk terus mengembangkan kompetensi dan mendapatkan pengakuan hingga kelas internasional.

“Tentunya mohon dukungan penuh dari seluruh pihak baik stakeholder dan pelanggan (ship owner) agar kedepannya BKI makin berkembang dan memperkuat bisnis klasifikasi sehingga menjadi Badan Klasifikasi yang semakin berkelas dunia,” tutup Benny. (omis/red)

Comments are closed.