Disnav Benoa Beri Penghargaan Para Penjaga Menara Suar

0
123

BENOA -Sebagai negara kepulauan yang terbentang hingga 17 ribu pulau dari Sabang sampai Merauke menjadikan Indonesia mempunyai trafik lalu lintas angkutan laut yang padat, tak pelak bila keberadaan sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP) yang memadai sangat dibutuhkan sebagai pemandu bagi kapal-kapal yang melintas di perairan Nusantara.
Saat ini Indonesia di dukung oleh 285 Menara Suar yang dikelola 25 Kantor Distrik Navigasi (Disnav) dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tentu, fungsi menara suar tersebut berkait erat dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengoperasikan SBNP tersebut demi keselamatan dan keamanan pelayaran.
“Tugas kami adalah menyediakan transportasi laut yang selamat, aman, nyaman, efektif, efisien dan tepat sasaran agar transportasi laut ini dapat menjadi pilar yang dapat menggerakkan roda perekonomian dan memperlancar distribusi logistik serta mobilisasi masyarakat,” kata Dirjen Perhubungan Laut, Arif Toha berkomitmen yang disampaikan dalam rangka memperingati Hari Menara Suara ke-8 yang jatuh pada tanggal 22 September setiap tahunnya dan Hari Maritim Nasional pada 23 September 2022.
Begitu pentingnya peran para penjaga Menara Suar dalam keselamatan pelayaran, tak ayal hingga mendapat tempat dihati Kepala Distrik Navigasi Kelas II Benoa, Azhar Karim, SH,S.PD.,MM dengan mengapresiasi para Petugas Menara Suar (PMS) dalam bentuk sebuah penghargaan.

“Sebelumnya kami telah melakukan polling untuk para PMS yang selanjutnya dipilih untuk menerima penghargaan yang dibagi beberapa kategori dalam rangka menyambut Hari Menara Suar tahun 2022,” ungkap Azhar, Sabtu (24/9/2022).

Penghargaan bagi para penjaga mercu suar, lanjut Azhar, diberikan tepat di moment peringatan hari Menara Suar dalam sebuah gelaran upacara bendera yang diselenggarakan pada hari Kamis (22/9/2022) kemarin.

“Penyerahan penghargaan PMS/TMS dengan kategori terbaik, terfavorit, terkreatif inovatif,” imbuhnya.

Sedang, petugas Menara Suar penerima penghargaan dari Distrik Navigasi Benoa, yaitu :
1. PMS Terbaik diraih oleh Made Jiwa

2. PMS Kreatif dan Inovatif yang diraih oleh I Gusti Ngurah Subagia

3. PMS Terfavorit diraih oleh Made Sarjana.


Dalam kegiatan upacara bendera itu juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai berikut :

1. Vessel Traffic Service dengan Kinerja Terbaik

2. Distrik Navigasi Teraktif dalam memberikan laporan bulanan terkait Telekomunikasi Pelayaran untuk mendukung keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim diperairan Indoneasia

3. Distrik Navigasi Teraktif dalam penyampaian laporan pengawasan terkait implementasi PM No.73 Tahun 2019.

“Kami juga melakukan pemberian santunan kepada anak yatim Panti Asuhan As Sakinah Denpasar diwakili oleh 3 orang anak,” pungkas Azhar. (omis/red)

Comments are closed.