Menhub Pastikan Pembangunan dan Pengembangan Pelabuhan di Kaltara Berjalan

0
157

TARAKAN – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi lakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kalimantan Utara (Kaltara) didampingi Direktur Kepelabuhanan Ditjen Perhubungan Laut, Subagyo dan Anggota DPR RI Dedi Sitorus  guna meninjau pembangunan dan rencana pengembangan Pelabuhan di Kalimantan Utara khususnya di Tanah Kuning dan Tarakan, Jumat (19/08/2022).
Dalam Kunker itu, Budi Karya Sumadi memastikan proses perizinan pembangunan Pelabuhan di Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan  yang telah ditetapkan sebagai salah satu proyek startegis nasional (PSN) dan pembangunan perpanjangan Dermaga Malundung Tarakan, Kalimantan Utara berjalan dengan lancar.
“Kita semua, pemerintah pusat dan daerah mendukung proyek ini. Bahkan segala sesuatu perijinan dilakukan dengan baik sehingga tudak ada masalah, dan pembangunan pelabuhan ini kita harapkan akan selesai pada akhir Desember,” ujarnya saat berada di lokasi rencana pembangunan pelabuhan kawasan KIPI  di Tanah kuning, Bulungan Kalimantan Utara.
Rencana pembangunan Pelabuhan dilakukan untuk mendukung pembangunan Kawasan Industri Kalimantan Indonesia (KIKI) dan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kaltara yang menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) dan Pembangunan Perpanjangan Dermaga dilakukan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Nasional Khususnya di Kota Tarakan yang berada di wilayah 3TP.
Kawasan Industri Kalimantan Indonesia/KIKI dibangun pada lahan seluas 4.704 hektar dan  Kalimantan Industrial Park Indonesia/KIPI dibangun seluas 24.782 hektar. KIPI dan KIKI akan dibangun untuk pelabuhan umum (kargo umum, curah kering, curah cair), terminal khusus (alumunium), dan terminal khusus petrochemical (curah kering, curah cair, peti kemas).
Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Bulungan Kaltara, turut hadir dalam peninjauan tersebut Gubernur Kalimantan Utara Bapak Zainal Arifin Paliwang, Bupati Kabupaten Bulungan Bapak Syarwani, dan Kapolda Kalimantan Utara Bapak Irjen Pol. Daniel Adityajaya.


Sementara dalam kunjungan kerjanya di Kota Tarakan didampingi Walikota Tarakan Bapak dr. Khairul, dan Koordinator Wilayah UPT Ditjen Perhubungan Laut di Kaltara, Kepala KSOP Kelas III Tarakan, Capt. M. Hermawan bersama Ka UPT Ditjen Perhubungan Laut  di Kaltara beserta GM PT. Pelindo Regional 4 Tarakan.
“Kami sangat mendukung percepatan pembangunan dan pengembangan Pelabuhan terutama di Tarakan mengingat Pelabuhan Malundung sangat potensial menjadi Pelabuhan Hub,” kata Capt. M. Hermawan disela mendampingi kunjungan Menhub. (omis/red)

Comments are closed.