Kosong Sepuluh Bulan, Arif Toha Isi Dirjen Hubla

0
105

JAKARTA – Setelah kosong sekira sejak September 2021, akhirnya jabatan Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) disematkan di pundak Ir. Arif Toha Tjahjagama, DEA untuk memimpin matra laut di jajaran Kementerian Perhubungan yang dilantik bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdar) yang baru. Pelantikan dilakukan di Jakarta pada hari ini, Kamis (30/6/2022).
Arif Toha juga sebelumnya sempat menjadi plt dalam jabatan Dirjen Hubla. Dimana, sejak september 2021 ada kekosongan karena Ir.R. Agus H. Punomo purna tugas Agustus 2021. Bahkan, Arif Toha juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Hubla.
Sedang, posisi Dirjen Hubdar diisi oleh Irjen Pol Hendro Sugiatno yang menggantikan Irjen Pol (Purn) Budi Setiyadi. Hendro Sugiatno sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Lampung.
Saat mengukuhkan pejabat eselon 1 itu, Budi Karya berpesan bahwa pelantikan dan rotasi jabatan dilakukan dalam rangka memenuhi dinamika kebutuhan organisasi agar dapat mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien.
“Saya yakin bahwa Bapak dan Ibu yang dilantik pada hari ini adalah insan perhubungan yang memiliki komitmen yang melakukan pekerjaan dengan all out, sungguh-sungguh dan memberikan arti bagi dirinya dan bagi bangsa,” tutur Budi Karya dalam keterangannya.
Budi berharap, pejabat yang baru dilantik bisa memenuhi target organisasi, serta mengawal keberhasilan program kerja, tidak saja di lingkup Kemenhub tetapi juga mendukung Indonesia Maju sebagai visi misi Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin.
“Oleh karenanya, kemampuan penyesuaian diri dan kolaborasi harus ditingkatkan. kita memang dari kalangan birokrat, tetapi kita harus cair untuk melaksanakan tugas dengan masyarakat yang kita layani, baik itu stakeholder, pihak swasta dalam dan luar negeri,” kata Menhub.
Selain melantik kedua Dirjen dilingkungan Kemenhub, Budi Karya juga melantik Maria Kristi Endah Murni sebagai Staf Ahli Menhub Bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan. Maria sebelumnya menjabat sebagai Direktur Angkutan Udara, Ditjen Perhubungan Udara.
Budi Karya juga mengingatkan jajarannya yang baru dikukuhkan dalam jabatanya itu agar melakukan langkah inovatif dalam bekerja.
“Selain itu, kita harus melakukan terobosan-terobosan inovatif agar apa yang diamanahkan kepada kita dapat dilaksanakan dengan baik,” imbuh Menhub Budi.
Sementara itu, ada ungkapan kebahagiaan dari insan Perhubungan Laut dengan syah dilantiknya Arif Toha sebagai Dirjen Hubla dengan ucapan “Selamat atas dilantiknya Bapak Ir. Arif Toha Tjahjagama, DEA sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub RI. Semoga dimudahkan dalam setiap tugasnya agar mampu membawa perubahan baru untuk transportasi laut yang lebih baik dan tetap mengedepankan bkerja dengan hati serta melayani sepenuh jiwa untuk masyarakat Indonesia,” ungkapnya yang engan disebut namanya. (omiz/red)

Comments are closed.