Meriahkan HUT ke-34 Pangkalan PLP Tanjung Perak Aksi Kemanusiaan

0
168

SURABAYA – Lakukan serangkaian kegiatan guna memeriahkan HUT KPLP ke-49 dan PPLP ke-34, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas III Tanjung Perak gerakkan anggota ikuti aksi donor Darah di PMI Surabaya serta bhakti sosial ke yayasan Rumah Harapan Surabaya dan ditutup dengan gelar apel pasukan pada hari Sabtu tanggal 26 Februari 2022 dalam upacara bendera di halaman kantor jalan Kalimas Surabaya.

“Kita selenggarakan apel pasukan sebagai puncak peringatan HUT KPLP dan Pangkalan PLP dengan berdoa bersama untuk keselamatan seluruh anggota serta agar lancar seluruh tugas yang kita jalankan untuk menjaga, menjamin keselamatan dan keamanan di perairan Indonesia,” tutur Kepala Pangkalan PLP Kelas III Tanjung Perak, Sabtu (26/2/2022).

Dalam memperingati HUT KPLP tahun ini, lanjut Mulyadi, kita awali dengan mengadakan donor darah yang dilakukan di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya pada tanggal 16 Februari yang melibatkan seluruh anggota yang layak, dan tanggal 17 nya kita lakukan bahakti sosial memberikan santunan ke salah satu yayasan Rumah Harapan yang ada di Surabaya.

“Ternyata PMI itu masih kekurangan darah jadi langkah donor yang kita lakukan sangat tepat untuk membantu saudara-saudara yang membutuhkan darah melalui PMI,” ungkap Mulyadi.

Sebagai puncak peringatan dari HUT KPLP tahun 2022 di Pangkalan PLP Tanjung Perak dilakukan apel pasukan dengan melaksanakan upacara bendera yang diikuti kalangan internal. Hal itu juga dilakukan serentak oleh Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, tepatnya berada di Tanjung Uban Kepulauan Riau, Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya, Bitung Sulawesi Utara dan Tual Maluku.

“Pelaksanaan apel ini serentak di seluruh pangkalan PLP sebagai puncak peringatan HUT KPLP dan PPLP,” jelas Mulyadi.

Mengutip dari sambutan Dirjen Perhubungan Laut yang dibacakan Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak kengingatkan, ribuan personel KPLP dan PPLP dengan aset kapal patroli sebanyak 378 unit akan selalu siaga dalam menegakan fungsi penjagaan dan penegakan hukum untuk menjamin keselamatan dan keamanan di perairan Indonesia, serta perlindungan lingkungan maritim sesuai amanah UU No. 17 tahun 2008 tentang tentang Pelayaran.

Selanjutnya, sebagai bukti nyata kiprah di dunia internasional, KPLP dan PPLP juga mengambil peran dalam perhelatan dalam event-event internasional yang diselenggarakan di Indonesia seperti pertemuan G20 dimana G20 merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU).

Tahun 2022 ini, Indonesia secara resmi memegang Presidensi Group of Twenty (G20) selama setahun penuh, dimulai dari 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di November 2022. Ini adalah momentum untuk menjaga Kawasan Indo Pasifik yang netral, sebab pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, dan ini adalah eranya untuk Asia.

“KPLP harus siap mendukung kelancaran konektivitas dan menjaga keamanan aksesibilitas transportasi pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang akan berlangsung pada tahun 2022 ini di Bali,” pesan Dirjen Hubla.

Saudara-saudaraku, insan KPLP dan PPLP yang saya cintai, semoga segala upaya kita mendapat berkah dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dalam membangun negeri kita tercinta.

“Selamat Hari Ulang Tahun KPLP ke-49 dan Pangkalan PLP ke-34, Dharma Jala Prajatama, selalu berkomitmen menjalankan pengabdian yang terbaik untuk bangsa dan Negara. Dharma Jala Prajatama, sebagai insan bahari selalu berusaha menjalankan pengabdian yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ucap Dirjen Hubla. (Omiz/ruu)

Comments are closed.