Stake Holder Tg Perak & Pelindo III Serempak Lakukan Bersih-bersih Terminal Penumpang GSN Cegah Corona

0
49

SURABAYA – Serentak bersama-sama seluruh jajaran pegawai Pelindo III (Persero) beserta unsur kemaritiman yang tersebar di empat wilayah regional, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, dan Bai-Nusra menggelar kegiatan bersih-bersih massal di terminal penumpang kapal laut. Hal itu dilakukan sebagai langkah menekan penyebaran virus Covid-19 atau yang dikenal dengan istilah Corona, Jum’at (13/3/2020) pagi.

Dengan menggunakan peralatan lengkap seperti masker, sarung tangan dan disinfektan para petugas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), TNI-POLRI hingga sejumlah pegawai Pelindo III menyisir ke sejumlah terminal penumpang yang ada di pelabuhan Tanjung Perak, salah satunya Gapura Surya Nusantara (GSN).

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto mengungkapkan, gerakan bersih bersih serempat ini merupakan upaya dari Pelindo III dalam menekan resiko penularan virus Corona yang belakangan ini mulai meningkat di indonesia, terlebih Pelindo III sebagai operator pelabuhan merupakan salah satu pintu masuk dan keluarnya penumpang dari berbagai daerah. Dengan melakukan di wilayah regional yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, dan Bali-Nusra diharapkan setidaknya bisa menekan penyebaran virus tersebut.

“kami lakukan gerakan bersih bersih ini serentak diseluruh pelabuhan dan terminal penumpang kita yang tersebar di empat regional, sejak hari ini dan rutin dilakukan setiap harinya. Tak hanya itu kami juga telah berkoordinasi terus dengan rekan- rekan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang memiliki wewenang tanggung jawab kesehatan untuk menyiagakan alat pendeteksi suhu badan atau thermal scanner di masing masing terminal penumpang, harapannya gerakan ini bisa menekan resiko penyebaran Covid-19”. Tegas Toto.

Secara rutin, lanjut Toto, perlakuan terhadap calon penumpng kapal ketika memasuki terminal petugas langsung lakukan cek suhu badannya dan diberi tanda stiker sebagai tanda telah melalui pemeriksaan identifikasi suspect Covid-19 sebagai langkah antisipatif.

“Selain itu, disediakan disetiap sudut-sudut ruangan terminal pembersih tangan. Khusus giat hari ini kami sediakan masker maupun sarung tangan,” akunya.

Sementara itu dari pihak kantor kesehatan pelabuhan kelas I Surabaya sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam hal kesehatan memberikan apresiasi langkah Pelindo III dalam upaya menekan penyebaran virus corona dengan melakukan kegiatan bersih bersih di lingkungan pelabuhan mereka, menurutnya upaya menekan resiko penyebaran virus corona tidak bisa dilakukan satu pihak namun bersama-sama.

“Pemeriksaan menjadi hal mutlak dilakukan sebelum kapal sandar guna memastikan seluruh yang ada diatas kapal diketahui Kondisinya, apakah clear atau suspect Corona sebagai langkah tindakan,” jelas salah satu personil KKP.

Sekedar informasi, Gapura Surya Nusantara sendiri merupakan salah satu terminal penumpang kapal laut modern yang dilengkapi dengan 2 unit garbarata, dan Pelindo III sendiri telah melayani 3,6 juta penumpang ditahun 2019. Saat ini, pihak Pelindo III juga melakukan langkah preventif lainya seperti pemeriksaan suhu tubuh pada seluruh pegawai sebelum melakukan aktivitas, juga mensiagakan petugas kesehatan untuk memberikan penanganan pertama sesuai SOP yang berlaku jika ditemukan suspect virus corona.

“Intinya maksud dilakukan giat ini yaitu bagaimana di Jawa Timur khususnya di Tanjung Perak kita dapat menekan vabah corona tidak menyebar,” pungkas Toto. (ruu/red)

Comments are closed.