Siapkah Navigasi Laksanakan Pemanduan E-Piloting ?

0
1045

SURABAYA – Direktorat Kenavigasian menyelenggarakan forum Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema “ Rencana Penerapan Electronic Pilotage di perairan Indonesia (Selat Malaka, Singapura dan Alu Pelayaran Barat Surabaya / APBS) Tantangan dan Peluang “ dalam rangka kesiapan peningkatan peran stasiun Vessel Traffic Service (VTS) yang akan disiapkan sebagai E-Piloting dalam melakukan pemanduan bagi kapal-kapal yang hendak melintas Alur pelayaran maupun Selat di perairan Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Santika Premire Surabaya, Rabu (11/3.2020).

Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya kesiapan dengan adanya rencana reorganisasi di dalam tubuh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, dimana Pemanduan yang sebelumnya masuk dalam kewenangan Direktorat Kepelabuhanan akan beralih dibawah Direktorat Kenavigasian. Tentu dengan beralihnya tanggung jawab itu, kami harus menyiapkan baik infrastruktur maupun suprastruktur plus sumber daya manusia (SDM) nya sehingga stakeholder yang mengunakan jasa kenavigasian itu dapat kita fasilitasi.

“Kami ingin percepatan, bagaimana peran navigasi alur pelayaran bisa eksis dan mempunyai nilai bagi stakeholder yang terkait. Tentu dengan ini kami merumuskan kira-kira langkah-langkah kedepan yang terukur sehingga pelayanan navigasi bisa lebih optimal,” kata Hengki disela pelaksanaan FGD, Rabu (11/3/2020).

Comments are closed.