Rangkaian 8 tahun PMS , Dirut Pelindo Marine Service Resmikan Masjid al Farisi

0
142

SURABAYA – Peduli terhadap kebutuhan pegawai dalam menunaikan kewajiban beribadah selama dalam jam kerja khususnya yang beragama Islam, manajemen PT Pelindo Marine Service (PMS) telah meghadirkan sebuah Masjid yang diberi nama Al Farisi berdiri di tengah lingkungan Group perusahaan.

Mengawali sambutannya dalam acara peresmian, Eko Hariyadi Budiyanto (Ehay) Direktur Utama PT Pelindo Marine Service (PMS) bertutur, Alhamdulillah pembangunan masjid yang kita inginkan dan impi-impikan akhirnya telah berdiri dengan megah dan sebentar lagi kita resmikan,sekaligus hadiah HUT Pelindo Marine yang ke 8 tahun. Tentu saja hal ini tidak bisa lerlepas dari kerja keras kita sebagai panitia pembangunan masjid ini dan partisipasi dari berbagai pihak baik berupa pikiran tenaga dan materi demi terwujudnya masjid ini.

“Semoga semua itu merupakan bukti kecintaan kita kepada masjid yang notabene merupakan rumah Allah swt. sehingga dengan kecintaan dan keterkaitan hati kita yang tak terpisahkan dengan masjid itu, kelak kita akan mendapatkan fasilitas dan perlindungan dari Allah pada hari tiada perlindungan selain dari Allah swt. dan dibangunkan buat kita istana yang megah di surga Allah yang sangat kita idam-idamkan,” ujarnya sebelum meresmikan Masjid Al Farisi di lingkungan PT PMS Group, Rabu ( 11/12/2019).

Menurut Ehay, masjid merupakan tempat suci bagi umat Islam, tempat bersujud dan beribadah kepada Allah SWT. Di samping sebagai tempat shalat dan bersujud, masjid juga berfungsi sebagai pusat kegiatan keislaman. Di dalam suatu hadis disebutkan bahwa masjid merupakan rumah Allah SWT di dunia.

“Sesungguhnya rumah-rumah-Ku di bumi adalah masjid-masjid dan sesungguhnya orang-orang yang mengunjungi Aku adalah orang-orang yang memakmurkan masjid-masjid itu. Maka keberuntungan besar bagi seorang hamba yang bersuci di rumahnya, lalu dia mengunjungi Aku di rumah-Ku (masjid). Adalah menjadi hak bagi Yang diziarahi (Allah) untuk memuliakan orang yang mengunjungi-Nya.” kutip Eko dalam Firman Alloh SWT Quran Surat At-Taubah – (QS.9:18).

Ehay mengungkapkan, mengingat begitu pentingnya masjid sebagai sarana ibadah bagi umat islam khususnya pegawai PT PMS Group, untuk itu manajemen berupaya menghadirkan Masjid yang diberi nama Al Farisi di lingkungan perusahaan. Selain itu, Ehay menambahkan, pihaknya ingin berbuat seperti yang telah dituntunkan dalam ajaran Rasulullah bahwa masjid sebagai rumah Allah, tempat suci bagi umat Islam, maka orang yang membangun masjid secara ikhlas berarti ia telah membangun istana buat kehidupannya kelak di akhirat. Sebagaimana disebutkan di dalam hadis Nabi SAW : Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membangun,sebuah masjid karena Allah, walau hanya seperti gundukan tanah sarang burung (bangunan yang paling sederhana), maka Allah akan membangun istana baginya di syurga”.

“Barangsiapa yang cinta masjid, maka Allah akan cinta padanya.” Betapa beruntungnya orang yang dicintai Allah. Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa di antara tujuh golongan yang mendapatkan naungan rahmat dan perlindingan Allah pada hari kiamat, ketika tidak ada naungan selain naungan-Nya adalah orang yang hatinya memiliki keterkaitan hubungan yang erat terhadap masjid”.
Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa Nabi SAW. bersabda:

“Barang siapa yang membangunkan sebuah masjid karena Allah, walaupun sekecil tempat bertelurnya burung Dara pasir, atau yang lebih kecil, niscaya Allah akan membangunkan untuknya rumah di surga”. (HR Ibnu Majah).

“Kehadiran masjid di dalam lingkungan perusahaan akan mempermudah pegawai menunaikan ibadah sholat fardlu, terlebih untuk melakukan sholat jum’at, sehingga tidak harus keluar lingkungan perusahaan yang mungkin akan memakan waktu,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam sambutannya, Ehay mengatakan, mewakili manajemen PT Pelindo Marine Service berhadap agar Masjid Al Farisi ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya guna membangun SDM yang Unggul dan Berakhlak Mulia seperti yang kita-cita-citakan bersama dan menjadi bagian dari Budaya GO HI yaitu nilai-nilai spiritualitas di tempat kerja atau Spirituality at Work.

“Saya juga menyampaikan terima kasih khususnya kepada Panitia dan kepada semua pihak yang terlibat dan berpartisipasi dalam terlaksananya pembangunan dan peresmian masjid Al Farisi ini, dan kami memohon kepada yang terhormat bapak KH . Ma’ruf Khozin kiranya berkenan untuk memberikan tauziyah kepada kita semua sekaligus mendokan untuk keberkahan Masjid al Farisi yang akan kita resmikan ini,” ungkap Ehay sebelum mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Ehay sapaan Dirut PT PMS itu juga memberikan secara simbolis kepada pegawai bantuan ibadah keagamaan terhadap 6 orang pegawai (diantaranya ada yg berangkat menuju Jerusalem) dan 1 takmir masjid. (ruu)

Comments are closed.