Tug Boat PMS bantu padamkan KM Tanto Ceria yang Terbakar di Perairan Gresik

0
87

GRESIK – Kapal KM Tanto Ceria milik PT Tanto Intim Line terbakar saat lego jangkar di depan dermaga PT Siam Maspion Terminal, Gresik pada titik kordinat Lintang 07’06”895 LS dan Bujur 112’39”735 BT. Kuat dugaan penyebab kebakaran akibat konsleting listrik di anjungan kapal, Selasa (26/11/2019).

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBPP) KSOP Gresik), Kusnadi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, dan dugaan sementara kebakaran disebabkan konsleting kelistrikan.

“Semua ABK selamat. Dugaan sementara disebabkan konsleting listrik di kamar Pandu diatas anjungan kapal,” terangnya saat dikonfirmasi, Selasa (26/11/2019).

Dalam kejadian itu, lanjut Kusnadi seluruh kru kapal selamat dan dapat dievakuasi yang selanjutnya dibawa ke kantor Kesyahbandaran Tanjung Perak untuk dilakukan pemeriksaan dibagian P3 guna dimintai keterangan atas jejadian tersebut.

“Kru kapal dibawa ke Surabaya sebab dalam pengawasan Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Perak, Wawan mengatakan, kebakaran KM Tanto Ceria dilakukan pemadaman oleh Tug Boat Jaya negara 305 dan 306 serta dilakukan pengawasan oleh KN. GRANTIN dan KN. 329

“Hingga proses pendinginan KN Grantin dan KN 329 stand by dilokasi
kapal yang terbakar,” ujar Wawan.

Setelah kondisi kapal yang terbakar dipastikan aman tidak ada hal yang membahayakan tim menaiki kapal KM Tanto untuk memastikan, dan selanjutnya kapal kami akan kembali ke pangkalan dermaga Nilam.

“Saat ini kapal sudah kembali di pangkalan,” tandas wawan

Hingga berita ini diturunkan, pihak kru kapal masih dalam penanganan pihak Syahbandar Tanjung Perak untuk dimintai keterangan. (ruu)

Comments are closed.