Terapkan “GOHI” PMS Group Sabet HR Best Award & HR Transformation

0
97

SURABAYA – PT Pelindo Marine Service (PMS) Group menerima penghargaan tertinggi di ajang Human Capital Forum yang diselenggarakan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (MM FEB Unair) yang digelar di Aula Fadjar Notonegoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair, Sabtu (21/9/2019).

Direktur Program Studi MM FEB Unair Dr. Gancar C. Premananto, CMA mengatakan, acara kali ini mengangkat tema ‘Facing Complexity, Rise Competencies’. Narasumber – narasumber yang dihadirkan sangat berkompeten di bidangnya.Acara ini mengundang Ketua BNSP Bapak Kunjung Masihat sebagai keynote speaker. Kemudian ada tiga pembicara, yakni HRD Manager PT Sinar Indogreen Kencana dan Ketua HCC Ami Sumarmi, Executive Development Program MM FEB Unair Dr Sri Hartini, dan SVP HC & GA Pelindo Marine Service (PMS) Group, Mohammad Syafiudin, MBA,” paparnya.

“Selain itu, lanjut Gancar, MM FEB Unair juga mengumumkan pemenang ‘Human Capital Achievement Awards’ sebagai apresiasi bagi para insan Human Capital yang telah berkiprah dan berinovasi di perusahaannya dalam bidang pengelolaan SDM.

“Selain seminar, dalam acara ini juga diselenggarakan penganugerahan Human Capital Achievement Awards,” jelasnya.

Ada tujuh kategori yang diberikan dalam penganugerahan ini. Di antaranya kategori Favorit, HR Best Award, Recruitmen Strategy, Retention Strategy, Learning and Development, Remuneration Strategy, dan HR Transformation.

Sebagai pemenang kategori HR Best Award adalah PT Pelindo Marine Service (PMS) Group, Kategori HR Transformation diraih Mohammad Syafiudin, MBA dari PMS Group, Pemenang HR Favorit PT Kemira Chemicals Indonesia Kategori HR Technology, Endi Surijanto.Pemenang Kategori Remuneration Strategy, Juara 1 PT Madhani Talatah Nusantara, Dwi Arianto Utomo.

Selanjutnya pemenang kategori Retention Strategy ada dua. Juara pertama, PT Borwita Citra Prima, Soraya Faradilla. Juara kedua, Indoprima Grup, Rendy Pratama. Kategori Learning and Development juga ada dua pemenang. Juara pertama PT Borwita Citra Prima, Soraya Faradilla. Juara kedua Indoprima Grup, Oktovoni Sandjaya.
Sedangkan untuk kategori recruitment ada tiga pemenang. Juara pertama PT Surya Indogreen Perkasa, Nurna Indah. Juara dua PT Japfa Comfeed Indonesia, Agung Kurnia Sejati. Juara tiga PT Kemiri Chemicals Indonesia, Endi Surijanto.

Sementara itu, Senior Vice President Human Capital & General Affairs PT. Pelindo Marine Service (PMS) Group, Mohammad Syafiudin, MBA sebagai salah satu penerima penghargaan mengaku, pemberian award ini merupakan bentuk pengakuan atas prestasi perusahaan dalam melakukan inovasi transformasi Human Capital dilingkungan PMS Group.

“Transformasi ini sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan bisnis yang ditandai dengan adanya VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity) sehingga itu harus kita lakukan untuk memenangkan pertarungan bisnis,” tuturnya.

Menurut Syafiudin, salah satu bentuk inovasi yang telah dilakukan adalah, PMS Gorup membangun budaya perusahaan baru yang transformasional dengan orientasi merubah dari yang berbasis transaksional kearah yang lebih prosocial dan spiritual yaitu, dengan mengembangkan nilai-nilai baru yang disingkat dalam kata “GOHI” (Growth,Optimistic, Happy and Integrity). Sehingga untuk membangun perusahaan yang profitable dan sustainable (Growth) setiap insan PMS Group harus selalu berkreatifitas dan berinovasi (Creativity), tiada henti meningkatkan kompetensi (Continuous Learning) dan memberikan pelayaran prima terhadap pelanggan (Excellent). Untuk itu, pegawai harus selalu optimis (Optimistic) yang ditandai dengan memiliki karakter percaya diri (Confident), tangkas, dan gesit (Agility) serta memiliki antusiasme yang tinggi dalam bekerja (Anthusiastic).

“Agar pegawai bahagia (Happy) perusahaan harus memfasilitasi program-program SDM yang dapat membangun jiwa pegawai untuk memiliki komitmen (Commitment) yang tinggi pada perusahaan, mendorong dan memudahkan penerapan nilai-nilai spiritualitas (Spirituality) di tempat kerja, dan rasa memiliki perusahaan yang kuat (Engagement). Guna mencetak insan perseroan yang berintegritas (Integrity) dibutuhkan para karyawan yang cakap dan dapat diperaya (Credibility), berdisiplin tinggi (Discipline) dan memiliki daya tahan yang kuat terhadap tantangan (Endurance),” papar kandidat Doktor Ilmu Manajemen Unair tersebut.

Syafiudin mengaku, dalam perhelatan HC Achievement Award yang diadakan oleh MM FEB Unair ini, PMS Group meraih 2 (dua) penghargaan The HR Best Award dan Juara I kategori HR Transformation. Ini menunjukkan bahwa dengan perolehan penghargaan itu insan PMS Group telah mampu mewujudkan perubahan budaya perusahaan baru yang sangat inspiratif.

“Budaya perusahaan baru itu diharapkan menjadi pedoman dalam bekerja bagi insan perseroan umumnya di PMS Group agar dapat menjadi cambuk dan inspirasi khususnya generasi Millenial,” harapnya.

Hal itu diakui juga oleh Ketua Dewan Juri HC Achievement Award, Dr. Praptini Yulianti yang mengatakan, budaya GO HI yang dikembangkan di perusahaan PT PMS Group dinilai sangat unik, inspiratif dan transformatif dengan menggunakan pendekatan spiritual (Spiritual based Corporate Culture) sehingga layak untuk dinobatkan sebagai pemenang kategori The HR Best Award yang kami selenggarakan termasuk inovasi-inovasi pengelolaan HR berbasis digital yang telah diimplementasikan.

“PT PMS Group sangat mendorong dan memfasilitasi para karyawannya untuk menunaikan dan menjalankan nilai-nilai spiritualitas di tempat kerja sehingga dalam bekerja mereka merasa bermakna dan bahagia,” pungkasnya. (ruu)

Comments are closed.