GUBENUR KHOFIFAH SAMBUT LANGSUNG KEPULANGAN KORBAN KM SANTIKA NUSANTARA DI TERMINAL GSN PERAK

0
90

SURABAYA – Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan menyaksikan langsung kedatangan tiga jenasah dan korban selamat yang kecelakaan kebakaran kapal KM Santika Nusantara yang di boyong kapal patroli KN Chundamani P. 116 dari Masalembo sebanyak 56 orang di dermaga Jamrud Utara, Sabtu (24/8/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

“Para korban diturunkan satu per satu sebanyak 53 orang dan 3 orang jenasah dari kapal patroli KN Chundamani yang sandar di dermaga Jamrud Utara pelabuhan Tanjung Perak, dan kemudian diistirahatkan di dalam terminal penumpang GSN,” kata Kabid Keselamatan Pelayaran Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Syachrul Nugroho saat mendampingi Gubenur Jawa Timur, Sabtu (24/8/2019).

Selanjutnya, Nugroho menambahkan, setelah dikumpulkan di GSN, dan diberi konsumsi serta transport dari pihak pelayaran, para korban dipersilahkan pulang ke rumah masing-nasing yang berada di daerah Surabaya. Sedang yang luar kota, pihak pelayaran menyediakan hotel untuk menginap sementara.

“Tadi Gubenur Khofifah juga memberi tali asih kepada setiap korban dalam sebuah amplop,” tutur Nugroho.

Sedang ketiga jenasah korban yang meninggal langsung diangkut menggunakan ambulan yang langsung dibawa ke RS Bhayangkara Polda Jawa Timur.

“Masing-masing jenasah diangkut ambulan secara beriringan dibawa ke rumah sakit Polda,” imbuh Nugroho.

Ditempat yang sama, salah satu staff humas PT Pelindo III Regional Jawa Timur yang enggan disebutkan namanya menambahkan, untuk penyambutan para korban yang diturunkan dari kapal KN Chundamani sudah disiapkan tempat penampungan di dalam terminal penumpang GSN oleh Pelindo sampai masing-masing orang melanjutkan perjalanan pulang kmapung maupun ke tempat penginapan sementara.

“Secara keseluruhan kami siapkan, baik ruangan untuk para tamu rombongan Gubenur Khofifah maupun dari instansi terkait di ruang tunggu VIP, dan untuk para korban di tempat ruang tunggu penumpang,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan turut bela sungkawa kepada keluarga dari ketiga korban kebakaran Kapal KM Santika Nusantara begitu sampai di Tanjung Perak saat diturunkan dari KN Chundamani yang bawa dari Masalembo.

“Ada tiga penumpang yang meninggal dunia. Kami menyampaikan duka cita yang mendalam,” ungkapnya.

Khofifah terharu tatkkala satu per satu jenazah maupun korban selamat mulai turun di pelabuhan Tanjung Perak. Dia berharap, masing-masing keluarga dari ketiga korban yang meninggal dunia bisa menghadapi peristiwa tersebut secara tabah.

“Mudah-mudahan korban yang meninggal dunia husnul khotimah serta keluarganya tabah,” do’anya (ruu)

Comments are closed.