16 Kru Kapal Menyelamatkan Diri Dalam Liferaft Ditemukan Kapal Berdera Hongkong

0
134

SURABAYA – 16 kru kapal yang menyelamatkan diri menggunakan Liferaft yang sempat terapung-apung akhirnya diselamatkan MV Seaspan Fraser berbendera Hongkong dalam pelayaran dari Singapura menuju Surabaya di perairan Laut Jawa pada flag at 08.20 lt – (GMT +7) posisi 05*03.8 S : 111*32.7 E.

“Kami saat ini menerima laporan dari pihak agen kapal MV Seaspan Fraser PT. Cosco Shipping telah melakukan penyelamatan kru kapal KM Tirta Amarta sekitar pukul 08.20 LT berjumlah 16 orang,” kata Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak setelah mendapat laporan anggota yang menerima wakil agen kapal MV Seaspan Fraser di kantornya, Senin (24/6/2019) malam.

Dari data yang diperoleh pihak agen, lanjut Wawan, informasi melalui email diterangkan oleh awak kapal yang telah diselamatkan mengatakan bahwa kapalnya KM Tirta Amarta mengalami kebocoran dibagian kamar mesin yang sudah digenangi air laut. Sehingga semua kru kapal meninggalkan kapal sebagai upaya menyelamatkan diri dengan mengembangkan dua liferaft.

“Sebelumnya, berita musibah kapal disampaikan melalui Radio di Chanel 16. Disamping itu smoke signal juga sudah dipancarkan oleh korban dari atas liferaft,” terang Wawan.

Sedang pihak agen mengaku MV Seaspan Fraser yang mempunyai LOA 265 GT 41.225 dan mempunyai ketinggian 17 meter dari permukaan air laut itu berlayar dari Singapura akan menuju terminal TPS dengan bongkar muatan 1.733 box kontainer dan akan lego jangkar di area Labuh sekitar Bouy 3 Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS)

“Rencananya akan sandar di Terminal Petikemas Surabaya (TPS) pada hari, Rabu tanggal 26/6/2019 pagi nanti,” terang Feby Hadi dari PT. Cosco Shiping agen MV Seaspan Fraser.

Sementara itu, Kasi KBPPP KSOP Kelas II Gresik, Kusnadi membenarkan bahwa kapal KM Tirta Amarta dengan Call Sign YCZW memang berangkat dari pelabuhan Gresik pada tanggal 22 Juni 2019 menuju Kandawangan. Informasi yang kami dapat dari VTS Surabaya pada pukul 17.30 WIB bahwa ada kapal yang mengalami musibah tenggelam di perairan Utara Laut Jawa.
Data kapal korban sebagai berikut :
Nama : KM. Tirta Amarta
Call sign : YCZW
GT : 764
Nakhoda : Doly Perdana
ABk : 15 orang
Tujuan : Kendawangan
Muatan : 1100 pupuk
SIB dari gresik tanggal 22 Juni 2019
Agent : Citra Baru Adinusantara

“Kru kapal tersebut yang menyelamatkan kapal tersebut adalah MV. Seaspan Fraser yang dalam perjalanan menuju pelabuhan Tanjung perak Surabaya, lokasi penyelamatan diutara Tuban pada posisi 05.23.4 S / 111.43.27 S,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Pangkalan PLP dan Kantor Syahbandar Tanjung Perak sedang koordinasi dengan pihak terkait untuk dilakukan penjemputan korban mengingat tempat kapal MV. Seaspan Fraser labuh berada di luar dan cuaca angin cukup kencang sekitar 20 knot dengan ketinggian ombak 1.5 meter sehingga belum diputuskan karena kapal patroli yang ada hanya KN Kelas III.

“Sedang KN Chundamani posisi sedang di Banjarmasin dan KN Grantin berada di Probolinggo,” kata Nasir Attamimi Kasi Oprasional Kantor PLP Tanjung Perak.

“Kondisi sementara info sekuruh korban selamat dalam kondisi baik,” imbuh Nasir. (Amd)

Comments are closed.