H+1 Idul Fitri Arus Mudik Kapal Laut Dari Wilayah timur Masih Deras

0
158

SURABAYA – Arus mudik pada kebaran Idul Fitri H + 1 dari Indonedia Timur masih terasa, hal itu terlihat dari penumpang yang turun dari kapal KM Lawit dengan membawa 465 orang. Begitu sebaliknya arus balik mulai terasa dengan rencana embarkasi 1000 penumpang di pelabuhan Tanjung Perak.

Staf SDM dan Umum PT Pelni, Fuad Aziz yang sedang piket Posko Angkutan Lebaran 2019 di Tanjung Perak mengatakan, hari ini hanya ada satu kapal Pelni KM Lawit yang sandar di pelabuhan Tanjung Perak dari pelabuhan asal dengan rute Benoa, Bima, Waingapu, Ende, Sabu, Rote, Kupang, Larantuka, Kalabai dengan membawa 465 penumpang.

“Hari biasa 200 sampai 300 penumpang. Berarti H+1 ini masih ada sisa arus mudik dari wilayah timur,” ujarnya saat ditemui di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) pelabuhan Tanjung Perak, Jum’at (7/6/2019).

Sedang, untuk penumpang naik dari Tanjung Perak, lanjut Fuad, nanti dini hari sekitar pukul 00.00 WIB rencana ebarkasi KM Lawit lebih kurang 1000 orang penumpang dengan keberangkatan 05.00 WIB dengan tujuan pelabuhan Sampit Kalimantan Tengah.

“Sepertinya arus balik sudah mulai melalui kapal laut. Untuk KM Lawit nanti sekitar 1000 penumpang yang akan berangkat. Jumlah itu masih dibawah dispensasi yang diberikan sekitar 2000 orang,” jelas Fuad.

Senada, Kasubag Kepegawaian, Umum dan Humas Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, M. Thoyib menambahkan, pada hari ini sekitar pukul 11.00 WIB kapal KM Lawit sandar di Tanjung Perak dari pelabuhan Benoa. Sedang, hingga saat ini di Tanjung Perak ada dua kapal yang stand by KM Lawit dan KM Egon (sandar, Kamis 6/6 dengan 250 penumpang).

“Rencana kapal yang akan berangkat dini hari nanti KM Lawit tujuan Sampit sedang KM Egon informasi dari Pelni belum ada penumpangnya tapi kemungkinan akan berangkat besok juga,” katanya.

Sementara, kapal swasta yang ada di Tanjung Perak Satya Kencana III tujuan Banjarmasin dengan muatan 400 orang penumpang sebelum sholat Jum’at berangkat.

“Kapal swasta program mudik gratis Pemprov Jatim juga sandar tadi siang dengan penumpang turun 80 orang dari Masalembu,” pungkas Thoyib. (Amd)

Comments are closed.