Kemenhub Siapkan Kapal TNI-AL Untuk Mudik Gratis Sepeda Motor dan Penumpangnya

0
141

(maritimedia.com) – SURABAYA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik ke masyarakat pemudik, termasuk pengguna penyeberangan Merak-Bakauheni.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, Kemenhub tengah membahas untuk memberikan harga tarif khusus bagi pemudik yang akan menyeberang pada siang hari.

“Strategi lainnya yang disiapkan adalah memanfaatkan kapal milik TNI AL untuk mengangkut kendaraan truk bermuatan sembako maupun kendaraan pribadi lainnya dari Pelabuhan Tanjung Priok langsung ke Pelabuhan Panjang di Lampung,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta.

Lebih lanjut Menhub Budi menjelaskan, kapal TNI-AL tersebut akan memanfaatkan pelabuhan-pelabuhan yang ada di sekitar Pelabuhan Merak pada masa arus angkutan Lebaran, dan mengoperasikan kapal-kapal penyeberangan berukuran besar dan cepat pada masa arus mudik.

Data yang dihimpun di Ditjen Hubdat, kapal TNI AL yang akan dipinjam dan digunakan untuk membantu pemudik salah satunya KRI Banda Aceh.

Sedang satu kapal lagi akan dioperasikan Ditjen Hubla, untuk melayani pemudik gratis dan sepeda motornya dengan rute Tanjung Priok ke Tanjung Emas, Semarang.

KRI Banda Aceh mampu mengangkut 750 sepeda motor serta lebih dari 1.000 penumpang. Pengoperasikan Kapal TNI AL untuk angkutan mudik gratis tersebut diharapkan bisa mengurangi bahkan meniadakan pemudik yang pulang dengan sepeda motor.

Menhub Budi Karya menambahkan, data membuktikan 70% kasus kecelakaan termasuk di arus mudik dan balik lebaran melibatkan sepeda motor. Oleh karena itu, diimbau tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik lebaran.

“Kemenhub bahkan bersama TNI-AL menyiapkan fasilitas mudik gratis untuk sepeda motor dan orangnya,” pungkas Menhub Budi.

Comments are closed.