Kemenhub Apresiasi Peran Serta Pemerintah Daerah Untuk Tol Laut Di Koridor Sulawesi Dan Maluku

0
107

(maritimedia.com) – SURABAYA – Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah Sulawesi dan Maluku.

Sejak beroperasinya trayek tol laut di wilayah Sulawesi dan Maluku, disambut antusias oleh jajaran Pemda, membuat geliat perekonomian daerah semakin terasa.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo di sela-sela mendampingi kegiatan Menteri Perhubungan dalam Rapat Optimalisasi Program Tol Laut di Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Rabu (27/3).

“Dengan adanya 3 (tiga) unit kapal tol laut Kendhaga Nusantara yang melintasi wilayah Sulawesi, mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Pemda setempat. Para Bupati satu sama lain mulai memanfaatkan kapal-kapal tersebut untuk melakukan perdagangan antar Kabupaten,” kata Dirjen Agus di Saumlaki.

Begitupun dengan kapal tol laut yang beroperasi di wilayah Maluku disambut baik oleh jajaran Pemda setempat, termasuk di wilayah Saumlaki, Kepulauan Tanimbar.

“Pelabuhan Saumlaki yang disinggahi oleh kapal tol laut KM. Mentari Persada (trayek T-9) memiliki peran penting dalam roda perekonomian masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” ucap Dirjen Agus.

Lebih lanjut, Dirjen Agus mengatakan, selain kapal tol laut, pelabuhan yang memiliki total panjang dermaga 240 meter ini juga disinggahi oleh kapal Pelni yakni KM. Sirimau, KM. Leuser dan KM. Pangrango serta kapal swasta KM. Meratus.

“Transportasi laut menjadi transportasi utama di wilayah ini. Oleh karenanya pada tahun 2019 Pemerintah menyelenggarakan angkutan perintis di mana sebanyak 17 kapal perintis menyinggahi Pelabuhan Saumlaki, termasuk kapal perintis yang berasal dari Pangkalan Ambon, Tual dan Kupang,” pungkas Dirjen Agus dilansir Humas Laut Kemenhub.

Dirjen Agus meyakini bahwa program tol laut tidak akan berjalan dengan optimal tanpa adanya dukungan, sinergi, dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk dari Pemerintah Daerah untuk bersama-sama mensukseskan program tol laut.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko juga memandang begitu pentingnya peran Pemda dalam mensukseskan program tol laut.

“Memang sudah seharusnya Pemda aktif memanfaatkan tol laut, mulai dengan pengawasan distribusi barang pokok dan penting serta pemantauan harga, hingga melakukan konsolidasi pengiriman hasil industri daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” ucap Wisnu.

Wisnu menambahkan program tol laut yang sudah berjalan selama 4 (tahun) ini sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, di antaranya dapat menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan barang penting di wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan.

Comments are closed.