Pelindo 3 Group tampil di Parade Bunga dan Budaya 2019

0
225

SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang dimotori anak perusahaannya PT Pelindo Marine Service (PMS) dalam parade bunga menyambut HUT Kota Surabaya Ke-726 tahun 2019 sengaja menampilkan konsep mobil hias Lebah yang berada di taman bunga dibangun diatas truk bernomor 54 mencuri perhatian warga kota Surabaya dan sekitar yang menyaksikan langsung jalannya parade tersebut. Bahkan Walikota Surabaya sempat juga berpose bersama Direksi PMS di depan mobil hias itu.

Dengan mengambil rute dari Tugu Pahlawan hingga finish di SMK Santa Maria jalan Darmo Surabaya, 78 peserta termasuk  mobil hias Pelindo III yang diatasnya terdapat 5 pegawai yang memerankan  Lebah dan seorang yang memerankan Lebah Ratu berliuk-liuk mengikuti irama musik  yang didendangkan sepanjang jalan berjalan beriringan dengan rapi.

“Kali ini Pelindo III Group mempunyai konsep mobil hias Lebah  dimana lebah hanyak mengambil saripati bunga saja tanpa merusak bagian bunga yang lain dan berguna untuk lingkungan sekitar,” ujar Direktur Utama PT. Pelindo Marine Service (PMS) yang ditunjuk sebagai PIC pelaksana dari kegiatan ini, Ahad (24/3/2019).

Yang menginspirasi Pelindo III Group memilih konsep Lebah, lanjut Eko Hariyadi Budiyanto (Ehay), lebah memiliki filosofi yang luar biasa, dimana lebah adalah hewan yang cerdas, mampu menjaga kekompakan dan tidak suka merusak. Perilaku hewan kecil ini mencerminkan kebaikan dan manusia bisa mengambil banyak hikmah darinya. Lebah dapat menghasilkan madu berguna bagi lingkungan dan tidak pernah mematikan bunga yang diambil saripatinya tapi bagian dari sebuah proses terhadap lingkungan. Karena bunga bila dihisap bukan malah mati tapi malah mengembangkan bunga tersebut kemudian menyebarkan lagi saripatinya menjadi bunga-bunga lain di taman-taman lain.

“Bila diibaratkan Lebahnya itu Pelindo III, tamannya itu masyarakat dan mengembalikan madunya kepada masyarakat diantaranya melalui CSR, Bina Lingkungan dan masih banyak lagi yang dilakukan,” terang Ehay.

Menurut mantan Direktur Keuangan PT Terminal Teluk Lamong Itu, pesan yang disampaikan Pelindo III Group dalam konsep Lebah pada parade bunga tahun 2019 ini adalah, jadilah bangsa atau orang yang berguna bagi lingkungannya artinya Pelindo III bagian dari Agent Of Development bangsa. Jadi kita ingin lingkungan ikut menikmati hasil pembangunan apa yang telah kita lakukan di sektor bidang-bidang yang telah dikembangkan, seperti mengefisienkan logistik, mengembangkan sektor terkait karena bunga bila dihisap bukan malah mati tapi malah mengembangkan bunga tersebut kemudian menyebarkan lagi saripatinya menjadi bunga-bunga lain di taman-taman lain.

“Bahasa biologinya itu  “Simbiosis mutualisme” . Begitu juga dalam bisnis sehinga terjadi interaksi yang erat dan khusus dengan pihak lain yang saling menguntungkan,” tandas Ehay.

Terpisah, Humas Pelindo III (Persero), Willis Aji mengatakan, dalam parade bunga menyambut HUT Kota Surabaya kali ini, Pelindo III Group bersama PT Pelindo Marine Service (PMS) dan anak perusahaan lainya yaitu PT TPS, BJTI, PDS, RS PHS dan  PT Terminal Teluk Lamong mencoba menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa apa yang telah dilakukan perusahaan BUMN itu seperti cara kerja Lebah dengan segala manfaatnya.

“Disini dapat diambil pelajaran  bahwa dalam bekerja manusia harus mengambil sesuatu yang baik dan halal saja serta dalam proses bergaul tidak menyakiti, dan selalu menjaga kedamaian. Dari hasil saripati yang baik berupa madu yang sangat bermanfaat  sebab sesuatu yang diambil dari yang halal maka hasilnya halal pula dan mempunyai banyak manfaat,” katanya.

Sedang dalam gelar parade bunga ini, Pelindo III Group melibatkan personil sekitar 100 orang yang berperan mulai dari marching band, maskot carnaval figure, parade budaya (penari) digarap secara apik oleh  PT. Pelindo Marine Service yang dipercaya tahun ini mendesain secara keseluruhan konsep mobil hias Lebah tersebut. (ruu)

Comments are closed.