Tegas Pertahankan Kedaulatan Laut Indonesia, Menteri Susi Masuk Daftar ‘Global Thinkers 2019’

0
128

(maritimedia.com) – SURABAYA – Nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk dalam daftar ‘Global Thinkers 2019‘. Menteri Susi masuk dalam daftar bergengsi 10 tokoh besar berpengaruh versi majalah Foreign Policy karena dianggap berpengaruh di bidang pertahanan dan keamanan.

Nama Menteri Susi turut disandingkan dengan tokoh hebat lainnya seperti Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen dan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wazed.

Dalam editorialnya, Foreign Policy menyebutkan, Menteri Susi masuk dalam jajaran tersebut berkat komitmennya yang sangat kuat dalam mempertahankan kelestarian ikan serta biota laut.

Menteri Susi bahkan tak segan-segan menenggelamkan kapal-kapal ikan yang kedapatan melakukan pencurian ikan atau kegiatan illegal, unreported, and unregulated fishing (IUUF) lainnya di perairan Indonesia.

Hingga akhir 2018 lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah komando Menteri Susi telah menenggelamkan 488 kapal pelaku IUUF. Dampaknya, stok ikan lestari (maximum sustainable yield/MSY) Indonesia meningkat dari 6,52 juta ton pada 2014 menjadi 12,5 juta ton di tahun 2017, dan diperkirakan kembali meningkat sepanjang 2018 lalu.

“Untuk pertama kalinya dalam empat tahun belakangan, neraca perdagangan Indonesia menjadi nomor satu di ASEAN, mengalahkan Thailand dan Vietnam,” ucap Menteri Susi dalam pidatonya di berbagai kesempatan dilansir KKPNews.

Tak hanya dalam negeri, kebijakan ini juga menuai apresiasi dari forum internasional seperti Food and Agriculture Organization (FAO).

Comments are closed.