Wujudkan Pelabuhan Modern, Pelindo III Operasikan Peralatan Otomatis di Terminal Peti Kemas Semarang

1
1430

(maritimedia.com) – SURABAYA – Komitmen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)  atau Pelindo III menuju terminal yang ramah lingkungan serta modern terus diwujudkan. Seperti yang dilakukan Pelindo III di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) dengan mengoperasikan peralatan angkat peti kemas otomatis, automatic rubber tyred gantry (ARTG).

Beberapa rangkaian uji coba juga telah dilakukan Pelindo III terhadap kesiapan ARTG tersebut, untuk memastikan bahwa alat tersebut benar–benar siap untuk melakukan kegiatan bongkar muat.

Seperti pada awal bulan Juni lalu, Pelindo III melakukan tes integrasi terhadap alat berat tersebut dengan tujuan untuk melihat konektivitas antara alat dan sistem yang ada di TPKS. Dan hasil dari tes integrasi itu sangat bagus, karena sistem dan alat telah terkoneksi dengan baik.

Selain itu, guna untuk mengetahui seberapa besar daya tahan alat saat melakukan bongkar muat, Pelindo III juga melakukan uji coba endurance test (tes ketahanan) terhadap ARTG selama 8 jam tanpa berhenti.

Seperti tes sebelumnya, endurance test juga menunjukkan hasil yang sangat positif. Hingga akhirnya Pelindo III memutuskan bahwa ARTG telah siap melakukan uji coba bongkar muat secara langsung.

Pelindo III juga menyebutkan dengan memanfaatkan ARTG, satu operator dapat mengoperasikan hingga tiga ARTG sekaligus, sehingga secara otomatis dapat mempercepat proses receiving-delivery di TPKS.

Bukan hanya itu, dari sisi planning menurut Pelindo III, ARTG juga jauh lebih akurat. Karena di dalam lapangan ARTG mampu bekerja secara otomatis sesuai dengan sistem yang telah di-input.

Sedangkan dari sisi keamanan, pengoperasian ARTG juga dinilai mampu meningkatkan keselamatan kerja di lingkungan TPKS. Hal tersebut dikarenakan pengoperasian ARTG mampu meminimalisir masuknya tenaga kerja lain dan hanya menyisakan para sopir truk di dalam area lapangan penumpukkan peti kemas.

Comments are closed.