Menhub Jonan: Konstruksi Pelabuhan Patimban Dimulai Pertengahan 2017

273
8546

(maritimedia.com) – SURABAYA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan setelah Perpres pembangunan Pelabuhan Patimban resmi ditandatangani Presiden Joko Widodo, kini Kemenhub tengah menyusun tim Indonesia-Jepang terkait pembangunan proyek strategis nasional tersebut.

“Ini sedang proses dibuat, tunggu saja,” kata Menhub Jonan di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (8/6).

Menhub Jonan menyebutkan sebelum proses konstruksi dimulai, Jepang berkeinginan untuk menyusun feasibility study (FS) yang lebih komperhensif. “Kalau draf kasar sudah, tapi Jepang mau bikin sendiri juga, mereka mau menyesuaikan”, sebut Menhub Jonan.

Dengan sejumlah proses tersebut, estimasi tahap konstruksi baru akan dimulai pada pertengahan 2017. “Mudah-mudahan tengah tahun. Bisa dibilang setahun lagi dari sekarang,” tambah Menhub Jonan.

Sebelumnya dalam rapat terbatas dengan Presiden waktu lalu, Kementerian Perhubungan mengestimasi nilai investasi mencapai Rp40 triliun. Dan dipastikan akan didanai oleh Jepang usai Presiden Joko Widodo melawat ke negeri Sakura itu pada 27 Mei lalu.

Pemerintah Jepang telah menawarkan pinjaman US$2,49 miliar atau sekitar Rp34,90 triliun dengan skema Special Term Economic Purposes (STEP) loan, grace period 10 tahun dan jangka waktu pinjaman 40 tahun.

Pelabuhan Patimban ditargetkan berkapasitas hingga 7,5 juta teus dan mampu menampung sedikitnya 250.000 kendaraan dalam terminal yang terintergrasi didalam pelabuhan.

Comments are closed.