IMO Gelar Sidang Maritime Safety Committee (MSC) ke-96

200
5404

(maritimedia.com) – LONDON – International Maritime Organization (IMO) menggelar sidang Maritime Safety Committee (MSC) ke-96 di Kantor Pusat IMO, London Inggris, tanggal 11-20 Mei 2016.

IMO menyoroti beberapa isu penting pada agenda sidang MSC ini. Diantaranya adalah pelaksanaan standar berbasis tujuan untuk pembangunan kapal tanker minyak dan kapal curah menjadi salah satu item dalam agenda Sidang MSC.

Sidang IMO MSC ke-96 ini jula membahas tentang keamanan maritim terkait dengan isu penting perlindungan jaringan transportasi laut dari ancaman cyber serta informasi terhadap pembajakan dan perampokan bersenjata di kapal dan adanya migrasi melalui laut.

Maritime Safety Committee (MSC) merupakan badan teknis tertinggi IMO yang memiliki tugas yang paling luas di antara komite-komite lainnya, yakni yang terkait keselamatan pelayaran termasuk Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), konstruksi dan perlengkapan kapal, pengawakan dari sisi keselamatan, peraturan pencegahan tubrukan kapal, penanganan barang berbahaya, prosedur dan persyaratan keselamatan maritim, informasi hidrografi, investigasi kecelakaan laut, salvage, pertolongan dan hal-hal lain yang langsung mempengaruhi keselamatan dan keamanan pelayaran.

Sidang MSC dibuka oleh Sekretaris Jenderal IMO, Kitac Lim, berasal dari Republic of Korea, dan dihadiri oleh para delegasi dari 171 negara anggota IMO termasuk Indonesia. Hadir juga dua negara anggota asosiasi, dua organisasi di bawah PBB, enam organisasi Inter-Governmental dan 33 organisasi Non-Pemerintah. Adapun Chairman Sidang IMO MSC kali ini adalah Mr. Brad Groves dari Australia.

Comments are closed.