Kemenhub Resmikan Peluncuran Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 58

263
5947

(maritimedia.com) – SURABAYA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan meresmikan penyelesaian pembangunan 1 unit kapal perintis tipe 750 DWT KM Sabuk Nusantara 58 di Galangan Kapal PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard Surabaya, Rabu.

“Dengan diluncurkannya kapal ini, maka realisasi fisik pembangunan kapal sudah mencapai sektar 74 persen,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Hubla Drs. Ridwan Setiawan, M.Si, M.Mar.E dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Perak Capt. Hari Setyobudi.

Ridwan Setiawan menyebutkan pembangunan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 58 telah dimulai sejak ditanda-tanganinya perjanjian kontrak antara PPK Pembangunan Kapal Perintis Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan Galangan Kapal PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard pada tanggal pada tanggal 11 Agustus 2015 lalu.

Lebih lanjut jelas Ridwan Setiawan, sebanyak 100 unit kapal perintis pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut saat ini sedang dalam tahapan pembangunan oleh beberapa galangan kapal di Indonesia, dimana salah satunya adalah di Galangan Kapal PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard Surabaya ini.

Program pengadaan kapal perintis merupakan salah satu langkah nyata Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam mengimplementasikan program nawacita pemerintahan Jokowi-JK.

“Khususnya dalam meningkatkan konektivitas antar pulau serta memberikan pelayanan di bidang transportasi laut di daerah perbatasan yang masih terpencil, terluar dan belum berkembang”, ujar Ridwan Setiawan.

Kapal perintis tipe 750 DWT KM Sabuk Nusantara 58 rencananya akan ditempatkan di wilayah perairan yang melewati ketinggian gelombang rata-rata di atas 2 meter yang umumnya terdapat di wilayah Samudera Hindia dan Indonesia Bagian Tengah dan Timur.

Comments are closed.