Lebaran 2016, Kemenhub Alihkan Angkutan Sepeda Motor Gratis Kapal Laut ke Kereta Api

61
2232

(maritimedia.com) – JAKARTA – Kementerian Perhubungan sedang mempertimbangkan untuk tidak menyelenggarakan angkutan sepeda motor gratis melalui moda laut dalam angkutan lebaran tahun 2016 ini karena alasan efektifitas dan efisiensi.

“Peran yang selama ini yang dilaksanakan oleh moda laut dalam menyelenggarakan angkutan sepeda motor gratis telah digantikan oleh moda kereta api”, kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, J.A. Barata, di Jakarta.

Barata menjelaskan, berbeda dengan angkutan sepeda motor gratis moda laut yang sedang dipertimbangkan untuk ditiadakan, angkutan sepeda motor gratis untuk moda darat dan kereta api masih akan dilakukan.

Angkutan sepeda motor gratis tersebut bahkan akan bertumpu pada moda transportasi kereta api. Kapasitas angkutan sepeda motor gratis dengan moda transportasi berbasis rel tersebut dapat mencapai 15.000 unit atau hampir tiga kali lipat kapasitas angkut pada tahun lalu.

Untuk angkutan sepeda motor gratis melalui moda darat dengan truk, sementara penumpangnya menggunakan bus, masih dalam tahap perencanaan.

Barata juga mengatakan Menteri Perhubungan menetapkan masa angkutan lebaran untuk moda laut sejak 18 Juni 2016 hingga 24 Juli 2016 atau selama 37 hari.

Barata menjelaskan penetapan angkutan lebaran tahun ini untuk moda laut tersebut lebih panjang jika dibandingkan dengan moda darat dan udara yang dimulai sejak 24 Juni 2016 – 17 Juli 2016 atau selama 24 hari.

“Lebih panjangnya penetapan masa angkutan lebaran untuk moda laut karena karakternya yang membutuhkan waktu perjalanan lebih lama jika dibandingkan dengan dua moda lainnya” jelas Barata.

Comments are closed.