Permudah Transaksi Pelabuhan, Pelindo III Terapkan Portal Anjungan

64
2134

(maritimedia.com) – SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memberikan sosialisasi penggunaan portal anjungan di Pelabuhan Gresik, guna mempermudah pengguna jasa pelabuhan dalam melakukan transaksi pembayaran.


Penggunaan portal anjungan ini akan dimulai pada 1 April 2016, sehingga para pengguna jasa bisa melakukan pembayaran secara online melalui bank yang sudah kerjasama dengan pihak Pelindo III, seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank Jatim.

 

“Kami wajib menyediakan fasilitas pelayanan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna jasa dalam melakukan transaksi. Kami masih berusaha agar sistem online ini bisa dilakukan di seluruh cabang Pelindo III juga di kawasan. Karena itu kami juga terus melakukan pengembangan aplikasi untuk portal anjungan ini agar dapat melayani secara optimal,” kata Bambang Hasbullah Deputy Bidang Operasional Pelindo III Cabang Tanjung Perak, yang memimpin sosialisasi tersebut.


Dalam sosialisasi tersebut, Bambang Hasbullah menjelaskan pengguna jasa pertama mengajukan permohonan yang ada di portal anjungan, setelah itu akan mendapatkan kode bayar dilanjutkan dengan pembayaran kemudian terbit bukti pelunasan jasa kepelabuhanan lalu penetapan pelayanan terus realisasi pelayanan, dan selanjutnya pengguna jasa bisa mencetak nota.


Lebih lanjut jelas Bambang, dengan penerapan sistem ini akan memberikan keuntungan bagi pengguna jasa yaitu kesiapan sistem selama 24 jam online, pembayaran lebih fleksibel kepada bank-bank yang sudah bekerjasama dengan Pelindo III.


Selain itu, proses bukti pelunasan jasa kepelabuhanan dapat dilakukan secara mandiri, juga adanya monitoring transaksi kapal dan nota dapat lebih cepat sehingga pengguna jasa bisa langsung mengetahui tagihan yang timbul sekaligus pemantauan piutang, tambah Bambang Hasbullah.

Comments are closed.