Kadin Minta Investor Cold Storage Asing Bermitra Dengan Koperasi Nelayan

77
2485

(maritimedia.com) – JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta investor asing yang mengarap bisnis gudang pendingin (cold storage) bermitra dengan kelompok nelayan lokal.


“Jadi cold storage ini biar ada pasokan harus kerja sama dengan nelayan. Nelayannya pun harus bikin koperasi”, kata Wakil Ketua Umum Bidang Kelautan dan Perikanan Kadin Indonesia Yugi Prayanto.

 


Pemerintah, melalui Paket Kebijakan Ekonomi X, telah mengizinkan pemain asing menguasai 100% saham usaha gudang pendingin (cold storage). Namun, Pemerintah telah menutup pintu bagi asing untuk ikut menggarap bisnis perikanan tangkap.


Karena itulah, menurut Yugi investor gudang pendingan dari luar negeri mutlak harus bekerja sama dengan pelaku usaha lokal. Karena usaha gudang pendingin hanya akan untung selama mendapat pasokan bahan baku yang stabil.


Dengan kerja sama ini, resiko investor asing mendapatkan balik modal bisa berkurang. “Namun, masih ada kendala yang mungkin dihadapi yakni kemampuan nelayan lokal untuk memasok ikan”, tambah Yugi.

Comments are closed.