Menjaga Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Fokus Prioritas Kemenhub

211
5450

(maritimedia.com) – JAKARTA – Keselamatan dan keamanan pelayaran menjadi fokus dan prioritas utama Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dan untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan transportasi tetap terjaga dengan baik, Kemenhub membangun kapal patroli, kenavigasian, dan kapal penumpang.


Hal ini sejalan dengan rencana pemerintahan Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang diterjemahkan dengan tol laut.

 


“Untuk memastikan agar keselamatan dan keamanan transportasi laut tetap terjaga, Kemenhub membangun sedikitnya 200 kapal patroli, kenavigasian, dan kapal penumpang,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan Ir. Sugihardjo, M.Si pada saat membuka Rapat Kerja (Raker) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Tahun 2016 di Jakarta, Rabu (2/3).


Sugihardjo menjelaskan, pembangunan kapal-kapal patroli untuk lebih memastikan aspek keamanan pelayaran. Sedangkan pembangunan kapal-kapal kenavigasian agar faktor keselamatan pelayaran tetap terjaga.


Begitu juga kapal-kapal penumpang yang lebih diutamakan untuk angkutan kapal perintis. Bahkan Kemenhub juga membangun kapal-kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut ternak.


“Kemenhub membangun kapal-kapal tersebut untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan transportasi tetap terjaga dengan baik,” jelas Sugihardjo.

Comments are closed.