Tiga BUMN Kepelabuhan Tandatangani Perjanjian Induk

60
3516

(maritimedia.com) – JAKARTA – Tiga BUMN kepelabuhan yakni PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II), PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) melakukan penandatanganan perjanjian induk.


Perjanjian induk ini terkait dengan rencana kerja sama proyek oleh Pelindo II dalam pengembangan pelabuhan di kawasan timur Indonesia dengan Pelindo IV dan di kawasan barat dengan Pelindo I.


Dalam kerja sama ini, akan dilanjutkan dengan pembentukan anak usaha (joint venture) antara Pelindo II dan Pelindo I, begitu juga kerja sama Pelindo I dengan Pelindo IV.


“Jadi kita kerja sama dengan Pelindo I membentuk Pelabuhan Indonesia Barat dan Pelabuhan Indonesia Timur dengan Pelindo IV,” kata Plt. Direktur Utama Pelindo II, Dede R. Martin, Selasa (1/3).


Dede menjelaskan untuk pembentukan anak usaha, pihaknya perlu melakukan kajian dari segala aspek. Nantinya, Pelindo II bersama Pelindo I dan Pelindo IV akan membentuk tim, dan setelah itu baru penentuan kepemilikan saham. “Mudah-mudahan tahun ini pembentukan anak usaha bisa dilakukan,” harap Dede.


Lebih lanjut, Dede menjelaskan fokus kerja sama ini, Pelindo II dan Pelindo I akan mengoperasikan dan mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung. Sementara kerja sama Pelindo II dan Pelindo IV akan membangun, mengoperasikan dan mengembangkan Pelabuhan Seget Sorong, New Makassar Port dan Pelabuhan Bitung.


Dede menambahkan, langkah strategis ini sudah diinisiasi perusahaan sejak tahun lalu guna mendorong terciptanya sistem logistik nasional yang lebih efisien.


“Saat itu, Pelindo II melihat kemampuan finansial Pelindo I dan Pelindo IV kurang kuat sehingga perusahaan yang memiliki dana lebih banyak mencoba mendorong terciptanya sinergitas ini”, pungkas Dede.

Comments are closed.