Potensi Pasar Besar, Terminal Teluk Lamong Buka Rute Asia Timur

0
597

(maritimedia.com) – SURABAYA – Terminal Teluk Lamong membuka rute menuju kawasan Asia Timur yang berangkat dari Teluk Lamong dan akan menyinggahi tiga negara, yakni Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan.


Rute ke Asia Timur dengan keberangkatan sepekan sekali ini dianggap memiliki potensi pasar yang cukup besar bagi wilayah Jawa Timur.


“Untuk pertama, keberangkatan masih sepekan sekali. Jika rute ini menunjukan sinyal positif, tidak menutup kemungkinan kami akan menambah kapal keberangkatan internasional dengan rute yang sama lagi,” ucap Direktur Keuangan dan Umum PT Pelabuhan Teluk Lamong, Hariana.


Guna untuk menguatkan pelayaran ke kawasan itu, Teluk Lamong juga telah menjalin kerja sama dengan sepuluh “Shipping Line” atau perusahaan pelayaran.


“Untuk tahun ini, kami tambah dengan kerja sama lima ‘shipping line’ baru, salah satu di antaranya adalah kapal untuk rute internasional Asia Timur. Jadi, total tahun ini sudah bekerja sama dengan 15 ‘shipping line’,” katanya.


Hariana menjelaskan, ke depan tidak menutup kemungkinan terus menambah kerja sama dengan perusahaan pelayaran baru, dengan terlebih dahulu melihat potensi pasarnya.


Selain itu, Teluk Lamong juga akan melakukan penambahan crane sehingga mampu mempercepat proses turun dan naikknya barang peti kemas di Terminal Teluk Lamong.


“Total sekarang masih ada lima alat crane, yakni dua internasional dan tiga domestik. Dan akan kita tambah lagi menjadi 10 craine, untuk mempercepat proses bongkar muat barang di sini,” pungkas Hariana.

Comments are closed.