Mulai Januari 2016, Pelindo 4 Berlakukan Multiport Tarif

0
455

(maritimedia.com) – MAKASSAR – PT Pelindo 4 berencana memberlakukan uji coba Multiport Tarif mulai 1 Januari 2016 bagi kapal dan barang khusus ekspor melalui Pelabuhan Makassar (direct call).


Multiport Tarif (Tarif kepelabuhanan berdasarkan efisiensi perhitungan cost di beberapa pelabuhan), dimaksudkan untuk mengurangi logistic cost yang ada di masing-masing pelabuhan pengumpul di lingkungan PT PT Pelindo 4.


Pemberlakuan Multiport Tarif di berlakukan berdasarkan zona pelabuhan di KTI yang terbagi menjadi 4 Zona yaitu Zona A, meliputi Kalimantan Bagian Utara – Timur serta Sulawesi Bagian Selatan – Timur,


Untuk Zona B, meliputi Sulawesi Bagian Utara dan Barat. Sedangkan Zona C, meliputi Irian Jaya Bagian Utara serta Ternate dan sekitarnya serta Zona D, meliputi Irian Jaya Bagian Selatan dan Kepulauan Maluku.


PT Pelindo 4 menyakini  penerapan Multiport Tarif akan efektif menekan biaya logistik dan mendukung efektivitas pelaksanaan direct call (pengapalan langsung ke luar negeri) yang telah berjalan. Sehingga implementasi Tol Laut dan Poros Maritim Nasional dapat segera terwujud.


Diharapkan melalui ujicoba penerapan Multiport Tarif khusus kapal dan cargo ekspor ini akan dapat menggairahkan perdagangan khususnya volume ekspor KTI melalui pelabuhan Makassar.


Multiport Tarif adalah sebuah inovasi di bidang logistik yang dilakukan oleh PT Pelindo 4 dan baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Hal tersebut akan merubah peta logistik nasional dewasa ini yang lebih berpihak bagi pertumbuhan Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Comments are closed.