Tingkatkan Kapasitas Bongkar Muat, Pelindo I Bangun Terminal Petikemas Belawan Fase 2

211
7849

(maritimedia.com) – JAKARTA – Guna meningkatkan kapasitas bongkar muat hingga 2 juta TEUs per tahun, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I berencana membangun terminal Petikemas Belawan Fase 2.

 

Melalui anak usahanya PT Prima Terminal Petikemas (PTP), Pelindo I memperoleh pinjaman kredit dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sebesar Rp. 1,15 Triliun untuk pembangunan Terminal Petikemas Belawan Fase 2 di Medan, Sumatra Utara. Penandatanganan perjanjian kredit ini dilakukan oleh Senior Vice President Bank Mandiri, Indarto Pamoengkas dan Direktur Utama PTP, Jansen Sitohang di Jakarta, Selasa (29/9).

 

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka menuturkan melalui proyek pembangunan terminal ini diproyeksikan dapat meningkatkan kapasitas bongkar muat hingga 2 juta TEUs per tahun. Saat ini kapasitas terminal tersebut baru 1,2 juta TEUs per tahun. “Kapasitas terminal peti kemas saat ini 1,2 juta TEUs per tahun. Dengan perluasan ini akan bertambah menjadi 2 juta TEUs pada 2017 hingga 2018,” ujarnya.

 

Selain pinjaman senilai Rp1,15 triliun tersebut, PTP juga berencana menambah pinjaman senilai Rp700 miliar hingga Rp800 miliar yang akan digunakan untuk membeli alat berat untuk mendukung penyelesaian proyek tersebut.

 

Adapun Pembangunan Terminal Petikemas Belawan Fase 2 bertujuan memenuhi kebutuhan pelabuhan peti kemas di Sumut dan untuk mendukung sistem logistik nasional, khususnya di wilayah Indonesia Barat.

Comments are closed.