Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan, Pelindo IV Beli Kapal Tunda Numbay I Seharga Rp24,4 Miliar

0
490

(maritimedia.com) – MAKASSAR – Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Makassar terus berbenah diri untuk meningkatkan pelayanan kepelabuhan dalam mendukung penerapan jalur tol laut, yang dicanangkan Presiden RI Jokowi beberapa waktu lalu.


Sejalan dengan tagline Pelindo IV sebagai Lokomotif Indonesia Timur, untuk menjadi jalur masuknya arus barang dan penumpang ke Kawasan Timur Indonesia (KTI). Salah satunya dengan menyediakan armada kapal tunda.


Secara khusus Pelindo IV Makassar melakukan pembelian satu unit kapal tunda (KT) Numbay I dengan investasi Rp24,4 miliar. Operasional peresmian kapal tersebut dilakukan, Jumat kemarin (12/6) di Dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta.


General Manager Pelindo Makassar Riman S Duyo mengatakan, kapal tunda akan dimanfaatkan untuk pelayanan penundaan kapal yang akan melakukan kegiatan bongkar muat barang atau penumpang. Dan dapat digunakan untuk alat keselamatan atau pemadam saat terjadi kebakaran di wilayah perairan.


“Kapal tunda baru ini, akan dioperasikan di Pelabuhan Makassar, sebelumnya telah terdapat empat unit kapal tunda yang beroperasi untuk kegiatan penundaan kapal. Sampai saat ini, telah terdapat lima unit kapal tunda yang jenis dan kapasitasnya sama (sister ship) dengan KT Numbay I dan beroperasi di Cabang Makassar, Balikpapan, Samarinda, dan Bitung,” jelasnya.


Riman menuturkan, pengadaan kapal tunda baru ini salah satu perwujudan komitmen Pelindo IV dalam meningkatkan mutu pelayanan dengan menjamin terpenuhinya standar pelayanan prima menuju Zero waiting time sehingga dapat meningkatkan dwelling time di seluruh pelabuhan Pelindo IV, selain itu untuk mendukung program tol laut pemerintah.

Comments are closed.