Bongkar Muat Petikemas Perdana di Pelabuhan Dumai

0
600

(maritimedia.com) – DUMAI – Pelabuhan Dumai disinggahi perdana kapal kontainer, yakni KM Belikmas 8.100 DWT sepanjang 120 meter. Armada tersebut yang perdana dilayani di pelabuhan Dumai untuk melakukan bongkar muat peti kemas berbagai produk makanan minuman dan bahan material dalam negeri, Senin (1/12/14).


Manager Usaha Terminal Pelindo I Cabang Dumai Budi Rusdiyanto mengatakan kegiatan bongkar muat peti kemas dilakukan di Dermaga C yang kini telah dilengkapi sejumlah fasilitas dan sarana memadai. “Pada tahun 2015 depan pelabuhan peti kemas akan semakin dipersiapkan dengan matang dan lengkap untuk memenuhi keinginan pengguna jasa kepelabuhanan jenis kapal kontainer,” ungkapnya.


Dia menjelaskan Pelindo memandang Pelabuhan Dumai sudah siap dan sangat layak untuk dijadikan kegiatan bongkar muat peti kemas untuk mendukung perluasan usaha yang prospek menguntungkan. Di samping itu, Pelindo juga tetap akan melengkapi seluruh fasilitas dan sarana di areal kepelabuhanan dengan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan, seperti penerangan, peningkatan ruas jalan dan air bersih.


Kepala PT Pelayaran Tempuran Mas Cabang Pekanbaru Antoni Yuzendra menyampaikan, bongkar muat barang dengan kontainer di Pelabuhan Dumai sudah dirancang sejak 2012, dan baru terealisasi pada tahun 2014. Pihaknya menilai aktivitas pengangkutan berbagai produk dari Jakarta ini melalui pelabuhan Dumai lebih hemat biaya logistik sekitar 25 persen, dibanding sebelumnya dari Jakarta ke pelabuhan Perawang di Kabupaten Siak Riau.


Selain itu, perusahaan pelayaran ini melihat arus barang keluar masuk di pelabuhan Dumai cukup pesat, ditambah dengan keberadaan terminal barang dan truk yang dikelola pemerintah daerah. “Untuk bongkar muat perdana ini, kita menurunkan 8 kontainer produk makanan minuman dan material dalam negeri untuk pendistribusian wilayah Dumai dan Riau sekitar,” sebutnya.


Dia berharap penyelenggaraan bongkar muat kapal kontainer peti kemas ini bisa lebih dimaksimalkan lagi serta dapat menarik minat pihak lain untuk memanfaatkan pelabuhan Dumai untuk kepentingan bisnis.

Comments are closed.