Dirjen Hubla: Bangun Pelabuhan Sebaiknya Dengan Konsep Bertumbuh

6
648

(maritimedia.com) – JAKARTA – Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Capt. Bobby R Mamahit meminta agar dalam melakukan pembangunan pelabuhan tidak langsung besar. Padahal daya dukung hinterland-nya masih belum pasti.


“Buatlah pelabuhan dengan konsep bertumbuh. Jangan langsung besar, tetapi setahap demi setahap dan disesuaikan dengan daya dukung hinterland pelabuhannya,” kata Bobby saat memberikan sambutan acara “Peningkatan Keterampilan Teknis Pengelolaan Anggaran Pembangunan Fasilitas Pelabuhan” di Jakarta, Senin malam (29/9/2014).


Bobby mengatakan, pembangunan kepelabuhanan telah menjadi salah satu program yang menjadi concern pemerintahan mendatang. Meskipun demikian, pembangunan tersebut harus dilakukan dengan teliti, hati-hati, dan profesional.


Ia meminta agar para petugas pelaksana pembangunan pelabuhan jangan tergoda oleh janji-janji atau jaminan dari seseorang yang menyatakan bahwa daerahnya memiliki potensi ekonomi besar sehingga perlu dibangun pelabuhan yang besar. Sebab, bila hal itu sampai terjadi, bisa terjebak dan bisa dianggap telah menghambur-hamburkan uang negara.


Sementara itu, Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Ditjen Hubla Adolf R Tambunan mengatakan, pelatihan ini akan dilakukan selama lima hari dengan dua angkatan. Pelatihan angkatan pertama Senin – Jumat (29/9 – 3/10/2014). Sedangkan angkatan kedua Senin – Jumat (6 – 10/10/2014).


“Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi dan profesional pejabat pelaksana pembangunan pelabuhan. Juga menghasilkan kegiatan pembangunan pelabuhan yang tepat sasaran, tepat guna, dan tepat waktu,” kata Adolf.

Comments are closed.