Dua Pelabuhan logistik Internasional Ditargetkan Beroperasi Tahun 2018

43
1158

(maritimedia.com) – JAKARTA – Dua Pelabuhan logistik internasional yaitu Pelabuhan Bitung di Sumatera Utara dan Pelabuhan Kuala Tanjung di Sulawesi Utara, ditargetkan beroperasi 2018. Dua pelabuhan ini diharapkan menjadi gerbang logistik laut bagian timur dan barat Indonesia.


“Proses ground breaking pelabuhan di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara itu akan dimulai tahun 2015,” kata Deputi Menko Perekonomian Bidang Perniagaan dan Kewirausahaan, Eddy Putra Irawandi.


Eddy mengharapkan kedua pelabuhan tersebut bisa menjadi pelabuhan besar dunia seperti Pelabuhan Rotterdam, Pelabuhan Long Beach di Amerika dan Pelabuhan Shanghai di Tingkok. “Paling tidak kita bisa sekelas dengan mereka,” katanya.


Eddy menambahkan, beroperasinya dua pelabuhan tersebut diharapkan dapat memotong jalur pengiriman logistik internasional. “Selama ini angkutan dari Pasific atau Amerika selalu stop di Yokohama, Hongkong atau Shanghai, dari sana melakukan over container ke Singapura baru ke Jakarta,” katanya.


Di tahun 2018 mendatang, dia mengatakan hal tersebut bisa diubah, pengiriman logistik yang masuk ke Indonesia dari luar negeri dapat langsung masuk kedua pelabuhan tersebut.

Comments are closed.