Pelabuhan Muara Angke beroperasi tahun depan

0
345

Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan operasional pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara akan mulai beroperasi tahun depan, menyusul proses pembangunan fisiknya saat ini sudah memasuki lebih dari 50%nya.

Dalam tahap awal, pelabuhan akan dioperasionalkan secara terbatas, yakni untuk jenis kapal yang bisa merapat dikedalaman satu meter, karena untuk sementara pinggir pantai baru akan tergali sedalam empat meter sesuai target pada 2012.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengatakan jika pelabuhan baru itu sudah dioperasionalkan, maka pelabuhan Marina di Ancol hanya akan menjadi pusat pemberangkatan kapal-kapal pesiar skala menengah.

Adapun pelabuhan Muara Angke akan menjadi pelabuhan pemberangkatan kapal menuju Kepulauan Seribu dan menjadi pangkalan kapal milik Pemprov DKI. “Jika pelabuhan ini sudah berjalan, maka semua kapal yang menuju Pulau Seribu akan berpusat dari sini,” ujarnya usai diskusi tentang potensi ekonomi dan kondisi Kepulauan Seribu.

Saat ini, dia menjelaskan setidaknya ada delapan kapal milik Dishub yang dioperasionalkan dari pelabuhan Marina. Kapasitasnya sendiri, mulai dari 25 hingga 50 orang. Rencananya, Dishub akan mengajukan usulan tambahan dua kapal berkapasitas 200 orang dalam anggaran 2011.

Sementara itu, Kepala BIdang Transportasi Laut dan Udara Dishub DKI Turipno mengatakan saat ini proses pembangunan Pelabuhan Muara Angke sudah hampir rampung. Sejak dibangun pada 2003, proyek fisik Pelabuhan Muara Angke sudah menyelesaikan pembangunan pemecah ombak (breakwater) sepanjang 840 meter dari target 1.420 meter.

Selain itu, untuk dermaga yang direncanakan seluas 480 meter, sudah terbangun seluas 132,5 meter, dan pembangunan kantor dan ruang tunggu penumpang seluas 500 meter juga hampir diselesaikan. “Tahun ini kami targetkan seluruh kegiatan fisik rampung, jadi awal 2011 sudah bisa soft launching,” ujar Turipno.

Kegiatan proyek fisik yang akan dilaksanakan pada 2011 yakni pengerukan tanah disepanjang bibir pantai untuk mencapai kedalaman empat meter agar layak disinggahi kapal-kapal berukuran lebih besar nantinya.

Comments are closed.