Kapal lokal incar muatan batubara

0
509

Operator kapal tongkang maupun kapal curah (bulk carrier) berbendera nasional tahun ini mengincar potensi muatan batu bara dalam negeri selama 2010 sebanyak 80 juta ton.

Teddy Yusaldi, Ketua Bidang Angkutan Tongkang DPP INSA mengatakan produksi batu bara nasional 2010 mencapai 270 juta ton dengan 80 juta ton diantaranya untuk memenuhi pasokan dalam negeri. “Sebagian batu bara itu untuk memasok PLTU,” ujarnya pekan lalu.

Menurut dia, pangsa utama muatan kapal tongkang di Indonesia adalah batu bara, terutama untuk memasok kebutuhan PLTU baik yang beroperasi di Pulau Jawa maupun di luar Jawa. “Pengadaan tongk ang domestik bergantung pada perkembangan muatan batu bara.” 

Dia menjelaskan jumlah kapal tongkang berbendera Indonesia yang kini sudah mencapai lebih dari 1.000 unit masih memerlukan tambahan guna memastikan kebutuhan angkutan batu bara domestik bisa terpenuhi.

Sebelumnya beberapa operator kapal memastikan melakukan pengadaan tahun ini yakni PT Niaga Sapta Samudra sebanyak tiga  kapal berkapasitas 12.000 ton,  dan PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) membeli 7 set berkapasitas 8.000 ton.

Dia menambahkan kenaikan harga kapal akibat lonjakan harga baja yang diperkirakan berpeluang menembus titik tertinggi sebesar US$700-US$800 per ton pada 2010 belum berpengaruh terhadap rencana pengadaan kapal.

Menurut dia,  harga kapal tongkang berkapasitas angkut 8.000 ton yang pada April tahun ini mencapai US$3,5 juta per unit atau naik 16,6% dibandingkan dengan posisi yang sama tahun lalu sebesar US$3,0 juta, masih tertahan dilevel itu hingga Juni tahun ini.

Comments are closed.