Pelindo gandeng Incheon bentuk sister port

0
345

PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II menjalin kerja sama dengan Incheon Metropolitan City, pemilik Incheon Port, untuk membentuk sister port antarkedua institusi itu.

Saptono R.Irianto, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Pelindo II, mengatakan kedua belah pihak sepakat membentuk tim bersama yang melibatkan semua unsur terkait baik dari unsur pemerintah maupun pemegang saham.

“Dengan penandatanganan ini, kami berharap terjalin hubungan persahabatan dan pertukaran informasi yang saling menguntungkan kedua belah pihak, serta peningkatan arus barang di kedua belah pelabuhan,” katanya dalam penandatanganan MoU Pelindo II dan Incheon Metropolitan City di Jakarta, hari ini.


Penandatanganan MoU itu dilakukan kedua belah pihak yakni Saptono R.Irianto, yang juga Pelaksana Harian Direktur Utama Pelindo II dan Young-Ha Cho, Director General of Port, Airport & Logistics Bureau Incheon Metropolitan City.

Incheon Metropolitan City, merupakan pemerintahan kota metropolitan di Korea Selatan, yang memiliki pelabuhan internasional Incheon Port, sebagai pintu gerbang ke Asia Timur Laut. “Setelah kesepakatan ini ditandatangani, maka dilanjutkan dengan Incheon Port Promotion Seminar 2010,” kata dia.

Pelindo II memiliki 12 Cabang Pelabuhan yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, dan Sumatra Barat.

Perseroan juga memiliki anak perusahaan dan afiliasi, antara lain PT Multi Terminal Indonesia, PT. Jakarta International Container Indonesia, PT. Electronic Data Interchange Indonesia, KSO Koja, dan PT. Rumah Sakit Pelabuhan.

Sepanjang 2009, arus petikemas yang melalui Pelindo II sebesar 4,2 juta Teus atau 3,2 juta box, arus kapal (ship calls) sebesar 49.629 Unit atau 158.700.972 GT, dan Arus Barang sebesar 107,18 juta ton.

 

 

sumber : bisnis.com

Comments are closed.