Sri Mulyani: BRI dan BNI Sudah Buka 24 Jam di Pelabuhan

0
117

Jakarta – Sebanyak 2 bank pemerintah yaitu PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) buka 24 jam setiap hari untuk mendukung layanan ekspor dan impor di 5 pelabuhan besar.
Demikian ditegaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (11/2/2010).
“BNI dan BRI telah menyediakan layanan 24 jam sehari 7 hari seminggu. Waktu kita launch, itu sudah didukung pelabuhan dan perbankan,” ujarnya.

Namun masalahnya, lanjut Sri Mulyani, kesiapan pemerintah dalam memberikan fasilitas pembukaan operasional pelabuhan 24 jam selama 7 hari penuh belum disertai dengan kesiapan perusahaan-perusahaan untuk beraktivitas di luar jam kerja.

“Perusahaan yang menggunakan di luar jam kerja memang masih sedikit,” jelasnya.

Sri Mulyani menyatakan, inilah yang menyebabkan layanan pembukaan operasional pelabuhan 24 jam selama 7 hari belum terlihat jelas geliatnya. Padahal, program ini ditujukan untuk meningkatkan penerimaan negara. Rencananya masih ada bank-bank lain yang turut beroperasi 24 jam penuh, tetapi masih perlu dikoordinasikan dengan BI dan perbankan lain.

“Memang banyak bank lain yang belum. Tapi koordinasi BI dan perbankan sudah ada,” ujarnya.

Pelayanan 24 jam sehari 7 hari seminggu untuk impor sudah diterapkan di 5 pelabuhan yaitu Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Belawan Medan, dan Pelabuhan Udara Soekarno Hatta. Sedangkan untuk ekspor, baru dilaksanakan di Tanjung Perak Surabaya.

Comments are closed.