Sekilas PT.Rumah Sakit Pelabuhan

214
7823

PT.Rumah Sakit Pelabuhan merupakan salah satu anak perusahaan dari PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia II, BUMN yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan. Semula ada 3 (tiga) Rumah Sakit Pelabuhan dengan status sebagai bagian (divisi) dari Cabang Pelabuhan Indonesia II yakni Rumah Sakit Tugu di Jakarta, Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon dan Rumah Sakit Boom Baru Palembang dengan tujuan melayani kesehatan pegawai pelabuhan dan keluarga pegawai, perusahaan pelanggan dan juga masyarakat umum.

Dalam rangka efisiensi dan efektifitas usaha agar dapat mandiri dan berkembang secara profesionalisme, maka Rumah Sakit Pelabuhan dipisahkan dari usaha pelabuhan dan dijadikan satu anak perusahaan yang berdiri sendiri. Berdasarkan Surat Menteri Negara Pendayagunaan BUMN No.S-206/M_PBUMN/1999 tanggal 30 April 1999 dan Akta Notaris Ny.Nelly Elsye Tahamata, SH No.2 tanggal 1 Mei 1999, Rumah Sakit Pelabuhan resmi menjadi anak perusahaan PT(Persero) Pelabuhan Indonesia II yang mandiri membawahi (mengelola) 3 (tiga) Rumah Sakit yakni; Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta, Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon dan Rumah Sakit Pelabuhan Palembang.

Kemudian Rumah Sakit dibawah PT.Rumah Sakit Pelabuhan bertambah menjadi 4 (empat) karena pada tahun 2001 didirikan Rumah Sakit Port Medical Center (PMC) yang berlokasi di jalan Enggano N0.10 Tanjung Priok, untuk mendekatkan pelayanan ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Disamping membawahi 4 (empat) Rumah Sakit , PT.Rumah Sakit Pelabuhan juga mengelola unit BAPEL JPKM (Badan Pelayanan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat). BAPEL JPKM didirikan pada tanggal 19 juli 2001 dengan ijin Menteri Kesehatan No HK.00.06.1.8.1316.

Meskipun pada mulanya Rumah Sakit Pelabuhan juga melayani pasien umum, tetapi masyarakat lebih mengenal sebagai rumah sakit dinas karena belum tersosialisasi dengan baik. Sejak dijadikan anak perusahaan sosialisasi pelayanan pasien umum lebih ditingkatkan sehingga kunjungan pasien umum berkembang secara signifikan. Saat ini masyarakat luas sudah mengenal Rumah Sakit Pelabuhan sebagai Rumah Sakit yang melayani Pasien Umum dan merupakan salah satu Rumah Sakit yang menjadi tujuan untuk berobat.
[www.rspelabuhan.co.id, 2009-03-03]

Comments are closed.